Mother&Baby Indonesia
Banyak Khasiatnya! Ketahui 7 Manfaat Belut bagi Kesehatan

Banyak Khasiatnya! Ketahui 7 Manfaat Belut bagi Kesehatan

Walau bentuknya agak menyeramkan, namun belut ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda dan Si Kecil lho, Moms. Aneka olahan belut juga sekarang sudah banyak ditemukan dan tentunya dengan citarasa yang menggugah selera.

Ada yang dimasak menjadi tumisan, goreng kering, keripik, bahkan bisa juga dijadikan unagi sushi seperti yang mudah Anda temui di restoran Jepang. Dijamin rasanya enak dan banyak khasiatnya. Yuk, ketahui manfaat mengonsumsi belut bagi kesehatan tubuh Anda.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Mengutip Shape.com, belut tinggi akan kandungan asam lemak omega-3. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa lemak jenuh sehat ini bisa menjadi ‘obat’ alami pereda nyeri menstruasi dan kram perut terkait menstruasi.



Protein Tinggi

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kadar protein dalam tubuh, mengonsumsi belut bisa menjadi solusi efektif nih, Moms. Mengutip situs resmi pemerintah Kabupaten Buleleng, dalam satu porsi belut, Anda sudah bisa memenuhi asupan protein harian yang berada di angka 20 gram. Ini angka yang tinggi dan penting untuk membantu memenuhi kebutuhan protein anak, remaja, dan bahkan ibu hamil.

Mencegah Penyebaran Kanker Payudara

Belut mengandung arginine, suatu asam amino yang baik untuk melawan penyebaran sel tumor, menghambat pertumbuhan tumor, dan meningkatkan fungsi imun tubuh. Walau belut belum terbukti bisa melawan berbagai jenis kanker, namun sudah ada penelitian yang menunjukkan bukti bahwa arginine bisa mencegah penyebaran kanker payudara.

Menutrisi Kulit

Ingin menjaga kecantikan kulit dan mencegah kerutan di wajah? Rutin makan belut saja, Moms. Belut kaya akan vitamin A dengan kandungan anti-penuaan dini yang sering dipakai berbagai produk perawatan wajah untuk melawan keriput. Belut juga memiliki kandungan EPA (salah satu jenis asam lemak omega-3) yang baik untuk melembutkan kulit dan menjaganya tetap kenyal.



Melawan Jerawat

Jika ibu hamil berjerawat dan ingin meredakannya dengan cara alami, Anda bisa coba mengonsumsi belut. Belut memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antiinflamasi yang baik untuk meredakan jerawat yang sudah meradang. Tak hanya itu, belut juga melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya karena paparan sinar matahari langsung lho, Moms.

Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Alzheimer’s Disease menyebutkan mengonsumsi ikan berminyak seperti belut dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Ini artinya belut dapat meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, dan mengurangi risiko demensia juga alzheimer.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Tak hanya enak, belut juga memiliki kandungan fosfor yang cukup tinggi, sehingga baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Jika Anda rutin mengonsumsi belut, risiko mengalami osteoporosis pun turut berkurang lho, Moms. Ini sangat baik dikonsumsi oleh lansia dan ibu hamil. Yuk, konsumsi belut! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: belut,   ikan,   nutrisi,   vitamin,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020