Mother&Baby Indonesia
Ini Pentingnya Tidur Sambil Memeluk Guling buat Kesehatan

Ini Pentingnya Tidur Sambil Memeluk Guling buat Kesehatan

Di kebanyakan kamar tidur keluarga di Indonesia, guling merupakan salah satu perlengkapan tidur yang harus ada di atas ranjang. Ya, kebanyakan dari kita memang terbiasa tidur sambil memeluk guling. Bahkan mungkin ada juga orang yang tidak bisa tidur jika tidak sambil memeluk guling.

Guling bisa dibilang jadi teman favorit saat tidur. Pasalnya, selain karena sudah jadi kebiasaan sejak masih kanak-kanak, memeluk guling saat tidur bisa membuat tidur kita jadi lebih nyaman. Namun bukan cuma itu, Moms. Ternyata memeluk guling saat tidur membawa manfaat buat kesehatan juga.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh ketika memeluk guling saat tidur.



1. Mencegah Sakit Punggung

Saat Anda tidur sambil memeluk guling dengan posisi menekuk lutut dan menyelipkan guling di antara kedua lutut , posisi tersebut ternyata membantu tulang belakang menjadi lurus. Memeluk guling juga bisa meringankan tekanan pada tulang belakang serta tulang pinggul yang menopang tubuh kita. Hal ini bisa menghindarkan kita dari sakit punggung saat bangun tidur, bahkan mencegah dan memulihkan masalah punggung seperti skoliosis.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah ke Kaki

Pernah terbangun dalam kondisi lutut sakit, kaki pegal-pegal, atau otot-otot di kaki tegang semua? Jika ya, Anda bisa coba tidur sambil memeluk guling untuk menghindari masalah-masalah tersebut, Moms. Ya, memeluk guling berguna untuk memperbaiki dan memperlancar sirkulasi darah menuju kaki, sehingga semua keluhan di atas akan bisa dihindari.

3. Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Jika Anda atau keluarga punya kebiasaan mendengkur saat tidur, hal ini bisa diatasi dengan tidur sambil memeluk guling. Kemungkinan tidur sambil mendengkur lebih besar saat kita tidur dalam posisi telentang dibandingkan menyamping sambil memeluk guling.



Pasalnya, saat telentang, posisi tidur bertumpu pada punggung, sehingga pangkal lidah dan langit langit dalam mulut menutupi dinding tenggorokan dan memicu getaran suara atau dengkuran. Nah, posisi tidur menyamping bisa mengurangi ini. Dan dengan memeluk guling, kita bisa tidur dalam posisi menyamping lebih nyaman dan lebih lama. Dengkuran pun bisa diminimalisir, bahkan lama-kelamaan akan lenyap.

4. Mendukung Bentuk Tubuh saat Tidur

Posisi tubuh sambil memeluk guling merupakan postur yang aman saat tidur yang membuat tubuh merasa relaks serta otot dan tulang dapat beristirahat dengan baik. Posisi tidur memeluk guling juga bisa mencegah keseleo dan sakit pada tubuh.

5. Membuat Postur Tubuh Lebih BaikĀ 

Selain sebagai teman tidur, guling bisa kita manfaatkan sebagai alat ortopedi juga, lho. Tidur sambil memeluk guling dengan posisi tubuh hanya menghadap satu sisi bisa meluruskan tubuh bagian belakang kita. Posisi ini juga akan menjaga postur tubuh, tepatnya punggung, agar lurus dan postur saat berdiri juga akan jadi lebih tegak. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   tidur,   guling,   tidur memeluk guling