Mother&Baby Indonesia
Manfaat Bedak Bayi bagi Orang Dewasa

Manfaat Bedak Bayi bagi Orang Dewasa

Moms masih memiliki bedak bayi yang tidak terpakai tapi masih jauh masa kedaluwarsanya? Jangan buru-buru dibuang. Bedak bayi masih bisa bermanfaat untuk berbagai keperluan orang dewasa, lho.

Bedak bayi sesungguhnya memiliki formula yang ringan. Akan tetapi Moms tidak disarankan untuk menggunakannya sebagai bedak muka. Pasalnya, bedak bayi mengandung zinc. Apabila digunakan terlalu sering, bedak bayi akan membuat kulit wajah Anda terasa kering dan mempercepat efek penuaan. Namun jangan khawatir. Masih ada kegunaan lain dari bedak bayi, yakni:

1. Menghilangkan Bau Sepatu

Sepatu yang digunakan setiap hari biasanya akan memunculkan bau tidak sedap. Apalagi jika sepatu tersebut disimpan dalam tempat lembap dengan sirkulasi udara yang terbatas. Guna menghilangkan bau tak sedap tersebut, Anda bisa menaburkan bedak bayi ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Bedak bayi akan menyerap keringat dan kelembapan yang berlebihan di dalam sepatu. Anda pun tak perlu khawatir kaki akan menyebarkan bau tak sedap setiap kali mengenakan sepatu.



2. Mengurangi Sakit saat Waxing

Waxing merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menghilangkan bulu-bulu halus di tangan maupun kaki. Namun tak sedikit orang dewasa merasa enggan melakukan waxing karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Guna mengatasi hal tersebut, Anda bisa menaburkan sedikit beda bayi di atas permukaan kulit yang akan di-waxing. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit sekaligus menghindari adanya bekas kemerahan pada kulit.

3. Menghilangkan Jamur pada Buku

Anda gemar mengoleksi buku? Buku lama yang kurang perawatan biasanya akan terkena serangan jamur. Nah untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan bedak bayi sebagai solusinya. Caranya? Cukup taburkan bedak bayi pada area yang berjamur. Lalu oles hingga merata. Lakukan hal ini secara rutin dan jamur yang menempel pada buku pun akan menghilang.



4. Mencegah Serangga Masuk

Bedak bayi biasanya memiliki wangi yang harum. Sifatnya akan membuat bedak bermanfaat untuk mencegah serangga masuk ke dalam kamar, termasuk semut. Anda bisa menaburkan bedak bayi di sekitar rumah atau pinggiran pintu kamar karena wangi harumnya tidak disukai oleh serangga. Tapi hati-hati ya, Moms! Jangan taburkan bedak sembarangan karena akan membuat lantai licin sehingga menimbulkan risiko terpeleset.

5. Mengatasi Rambut Lepek

Jika rambut Anda terlihat lepek dan kusam, Anda bisa mencoba menaburkan sedikit bedak bayi ke kulit kepala. Fungsinya hampir mirip dengan dry shampoo yang akan menarik minyak di rambut dan memberikan efek rambut lebih mengembang. Taburkan bedak bayi secukupnya, lalu tepuk-tepuk pada area yang berminyak. Sisir rambut Anda sehingga terlihat lebih rapi dan indah. Oh ya, bedak bayi juga bisa digunakan sebagai dry shampoo untuk hewan peliharaan yang berbulu. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bedak bayi,   kesehatan