Mother&Baby Indonesia
Bukan Cuma Jorok, Ini Dampak Buruk Malas Mandi bagi Tubuh

Bukan Cuma Jorok, Ini Dampak Buruk Malas Mandi bagi Tubuh

Mandi merupakan kegiatan yang harus kita lakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan tubuh. Sayangnya, selama masa work from home (WFH) ini, mungkin ada sebagian kita yang merasa malas mandi. Toh, tidak akan pergi kemana-mana juga dan tidak ketemu orang, semua kegiatan dilakukan di rumah. Jadi, buat apa mandi?

Padahal, menjaga kebersihan tubuh itu penting walaupun kita cuma beraktivitas di rumah, lho. Mandi selain bisa membersihkan kuman, bakteri, debu, keringat, dan minyak yang menempel, juga bermanfaat untuk membuat tubuh kita kembali rileks dan segar, serta menghilangkan rasa lelah.

Bila Anda malas mandi, ada sejumlah dampak negatif pada kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele. Dirangkum dari berbagai sumber, ini bahayanya bagi tubuh jika Anda malas mandi.



1. Bau Badan Tidak Sedap

Malas mandi memungkinkan terjadinya penumpukan bakteri di kulit tubuh kita. Dan bila bakteri tersebut bercampur dengan keringat, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap di tubuh, terutama di area ketiak dan selangkangan.

Pada dasarnya, keringat yang dilepaskan oleh tubuh tidak memiliki bau. Namun, keringat yang keluar dan bereaksi dengan bakteri di kulit tubuh kita akan menyebabkan bau tidak sedap. Mandi bisa mencegah bau badan karena membersihkan keringat dan bakteri yang menempel di kulit tubuh.

2. Mudah Menderita Masalah Kulit

Malas mandi akan menyebabkan menumpuknya kotoran, kuman, jamur, bakteri, keringat, dan sel kulit mati di tubuh kita. Salah satu efeknya yang paling cepat terasa adalah kulit menjadi gatal. Selain itu, Anda juga akan mudah menderita masalah kulit, misalnya munculnya jerawat di wajah karena kebersihan kulit wajah kurang terjaga akibat malas mandi, belum lagi penyakit kulit lainnya yang bisa memperburuk kondisi kulit Anda seperti eksim, dermatitis, hingga psoriasis.



3. Rentan Terkena Infeksi Penyakit

Malas mandi akan mengundang kehadiran bakteri jahat untuk hidup dan bersarang di area tubuh. Hal ini terjadi karena kondisi badan yang kotor menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang. Keberadaan bakteri jahat ini bisa memicu infeksi penyakit yang jelas berbahaya. Bermula dari kulit yang terasa gatal akibat malas mandi, lalu Anda menggaruknya sehingga menyebabkan kulit terluka dan meningkatkan risiko infeksi bakteri.

4. Kulit dan Rambut Sangat Berminyak

Tubuh secara alami memproduksi minyak agar kulit dan rambut tidak lembap. Malas mandi akan membuat minyak menumpuk di kulit Anda, seperti di area wajah dan kepala, menjadikan wajah dan rambut Anda terlihat berminyak. Dan jika tidak dibersihkan dengan jalan mandi, tumpukan minyak tersebut bisa menutup pori-pori dan mengakibatkan iritasi. Jika terjadi di wajah, muncullah jerawat. Tidak mau kan, hal ini terjadi pada wajah Anda?

5. Kulit Menjadi Kering

Tubuh memproduksi minyak untuk melembapkan kulit. Namun, itu saja tidak cukup. Kulit masih butuh air dari luar untuk menjaga kelembapannya, karena ia memiliki kemampuan menyerap air. Nah, malas mandi bisa membuat kulit tubuh Anda menjadi kering. Kulit yang kering bisa membuat Anda mudah mengalami iritasi dan infeksi.

National Eczema Association merekomendasikan agar kita mandi minimal sekali dalam sehari. Hal ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, perhatikan juga durasi saat mandi, jangan terlalu lama. Dan hindari mandi menggunakan air panas ya, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   mandi,   malas mandi