Mother&Baby Indonesia
Masalah Kesehatan yang Bisa Diprediksi dari Jerawat

Masalah Kesehatan yang Bisa Diprediksi dari Jerawat

Jerawat memang bisa mengganggu penampilan, namun ternyata jerawat bisa membantu mengenali masalah kesehatan Anda lho, Moms. Beda area tubuh yang berjerawat, beda pula masalah kesehatannya. Beberapa area yang sering berjerawat adalah pipi, dahi, area-T, dagu, rahang, punggung, dan leher.

Arti kesehatannya pun bermacam-macam, mulai dari masalah hormon tidak seimbang, stres, hingga gangguan saluran pernapasan! Wah, penting untuk diketahui ya, Moms. Yuk, kenali masalah kesehatan yang bisa Anda prediksi dari area tubuh yang berjerawat.

Dahi

Melansir Reader’s Digest, stres dan masalah pencernaan adalah dua penyebab yang paling sering menyebabkan jerawat di dahi. Untuk mengatasinya, “Tidurlah setidaknya 7 jam per hari, minum banyak air putih, dan konsumsi makanan diet sehat,” saran Dr. Roshini Raj, certified gastroenterologist dan co-founder TULA, pada Reader’s Digest.



Namun menurutnya, sesekali memiliki satu atau dua jerawat di dahi tidak selalu mengindikasikan masalah kesehatan serius ya, Moms. Hanya jika jerawat kronis dan sering muncul yang bisa menjadi tanda masalah kesehatan. 

Pipi

Jerawat di area atas pipi bisa berkaitan dengan masalah di saluran pernapasan Anda. Sedangkan jika jerawat sering muncul di pipi area bawah, maka mungkin mengindikasikan kesehatan gigi dan mulut Anda bermasalah. Untuk mengurangi keluhan ini, coba jauhi asap rokok, beri perhatian ekstra pada kesehatan oral, dan bersihkan kuas makeup juga bantal tidur Anda. Jangan lupa rutin cuci muka setiap habis bepergian ya, Moms.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kulit Berjerawat karena Pakai Masker

Area-T

Ini juga dikenal dengan T-zone, yaitu area di antara alis hingga hidung dan dagu. Jika Anda sering berjerawat di area ini, maka mungkin Anda bermasalah dengan alergen atau ketidakseimbangan di sistem pencernaan.



“Beberapa pakar merekomendasikan untuk mengurangi produk susu, daging merah, dan makanan cepat saji untuk mengurangi jerawat di area-T. Jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran hijau,” saran Dr. Raj.

Dagu

Sering munculnya jerawat di area ini mengindikasikan masalah kesehatan yang paling sering menyebabkan wajah berjerawat: ketidakseimbangan hormon. Untuk meredakannya, Dr. Raj menyarankan untuk mengonsumsi teh spearmint dan suplemen omega-3, karena efektif mengurangi berbagai keluhan akibat gangguan hormon. Cara ampuh lainnya adalah menjauhkan dagu Anda dari kotoran. Jangan sering dipegang-pegang ya, Moms, terlebih jika tangan Anda kotor.

Baca juga: Moms, Ini 6 Rekomendasi Obat Jerawat Paling Ampuh

Punggung

Sebenarnya tidak hanya punggung yang sering berjerawat, lengan dan paha juga bisa berjerawat. Menurut Dr. Raj, peningkatan hormon dan faktor genetik adalah penyebab tersering munculnya jerawat di punggung, lengan, dan paha. Maka mengontrol jerawat di area ini bisa dibilang yang paling sulit.

“Coba kurangi tekanan dari tas punggung atau tali tas, yang sering menghasilkan friksi penyebab jerawat. Selain itu, coba gunakan pakaian yang bersih, nyaman, dan tidak terlalu ketat. Cek kembali sabun, body lotion, detergen pakaian, dan bahan kimia lainnya yang sering Anda pakai, bisa jadi semua itu menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat sering muncul,” jelas Dr. Raj. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: jerawat,   kesehatan,   kulit,   dermatologi