Mother&Baby Indonesia
Malas Membersihkan Makeup Mata? Ini Bahayanya!

Malas Membersihkan Makeup Mata? Ini Bahayanya!

Banyak wanita yang ‘malas’ berdandan memasuki masa #newnormal. Karena tertutup masker, tak sedikit Moms yang memilih untuk hanya menggunakan riasan mata saja. Apakah Anda termasuk salah satu di antaranya?

Riasan mata memang bisa membuat Anda tampil beda. Tapi jangan lupa membersihkannya, ya. Berikut adalah masalah yang mungkin terjadi saat Anda malas menghapus makeup mata. 

1. Iritasi

Sebagian besar produk makeup mengandung bahan kimia. Ada yang kadarnya ringan hingga berat. Kandungan bahan kimia inilah yang bisa terserap ke dalam kulit dan menyebabkan iritasi di bagian mata jika Anda tidak membersihkannya dengan seksama.



Iritasi yang muncul biasanya berupa ruam merah dan terasa gatal. Kondisi ini juga disertai kulit kering dan timbul bintik-bintik kecil, terlebih pada bagian kelopak mata (blefaritis). Kondisi ini bisa semakin parah apabila wajah Anda terkena paparan matahari, debu, dan polusi.

2. Infeksi

Moms sering menggunakan maskara dan eye shadow? Beberapa jenis riasan mata, seperti maskara, memiliki sifat waterproof sehingga seringkali masih meninggalkan residu jika hanya dibersihkan menggunakan sabun wajah.

Oleh sebab itu, Anda perlu menggunakan pembersih khusus. Jika tidak dibersihkan dengan seksama, residu riasan tersebut bisa menimbulkan iritasi di sekitar area tersebut. Selain itu, kuman juga bisa dengan mudah masuk dan menyebabkan infeksi pada mata Anda.

Infeksi dapat terjadi pada bagian konjungtiva mata, yang merupakan lapisan terluar dari bagian putih. Kondisi ini biasa disebut konjungtivitis. Pada beberapa kasus, infeksi yang terjadi juga bisa melibatkan bagian kornea mata sehingga menimbulkan keratokonjungtivitis atau keratitis. Gejala infeksi pada mata, antara lain:

• Mata sering berair.

• Mata terlihat kemerahan.



• Mata terasa perih saat dalam kondisi terbuka atau ketika berkedip.

• Muncul banyak kotoran mata (belek).

3. Bintitan

Setelah beraktivitas selama seharian, mungkin Anda akan merasa sangat lelah sehingga mudah tertidur sebelum membersihkan riasan mata. Tahukah Moms? Jika terlalu sering lupa membersihkan makeup mata, Anda semakin berisiko mengalami bintitan dan bengkak di mata.

Pasalnya, tidur dengan makeup yang masih menempel akan membuat pori-pori wajah dan kelopak mata tersumbat oleh bahan kimia, debu, serta bakteri. Sumbatan pada kelenjar di kelopak mata turut meningkatkan risiko bintitan.

4. Muncul Lingkaran Hitam

Moms, mata panda atau munculnya lingkaran hitam di bawah mata ternyata tidak hanya disebabkan karena kurang tidur. Masalah ini juga bisa terjadi karena Anda tidak rajin membersihkan maskara. Makeup yang menempel di bagian mata akan bertumpuk di dalam kulit jika tidak dibersihkan. Apabila terus terjadi, maka ini akan memengaruhi pigmen kulit di sekitar mata sehingga kulit mengalami kekusaman (tampak hitam).

5. Penuaan Dini

Makeup yang masih melekat saat Anda tidur membuat kulit tidak bisa ‘bernapas’ dengan baik. Kondisi ini bisa mengganggu proses regenerasi kulit. Alhasil, kulit Anda akan cepat mengalami kerusakan dan muncul tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput serta muncul garis-garis halus di sekitar mata. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   makeup,   masalah mata,   makeup mata