Mother&Baby Indonesia
Tanaman yang Berbahaya untuk Hewan Peliharaan Anda

Tanaman yang Berbahaya untuk Hewan Peliharaan Anda

Moms, apakah Anda hobi memelihara tanaman hias di rumah saat ini? Pasti senang rasanya melihat aneka tanaman hias menambah kesan segar dan sejuk rumah Anda. Selain mempercantik ruangan, tanaman-tanaman itu bisa membantu membersihkan kualitas udara di rumah Anda.

Namun, hati-hati ya, Moms. Jika Anda juga memiliki hewan peliharaan, beberapa tanaman hias ternyata memiliki efek beracun buat hewan peliharaan Anda dengan efek beragam, mulai dari menyebabkan kulit mereka gatal kemerahan hingga keracunan yang bisa berakibat fatal. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tanaman yang membahayakan hewan peliharaan dan mengakibatkan keracunan.

1. Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki nama latin Aloe vera ini pasti sudah tidak asing lagi buat Anda. Selain enak dikonsumsi, khasiatnya untuk rambut juga sudah diketahui secara turun temurun. Lidah buaya berguna pula untuk mengurangi racun yang terdapat di rumah dan menjadi tanaman pembersih ruangan yang sangat efektif.



Namun, tanaman satu ini bisa memberikan masalah buat hewan peliharaan Anda, Moms. Kulit dan bagian dalam lidah buaya mengandung zat bernama saponin yang jika termakan bisa menyebabkan muntah, depresi, diare, dan tremor pada anjing atau kucing peliharaan Anda.

2. Chrysanthemum

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman seruni atau chrysanthemum juga dipercaya memiliki khasiat sebagai obat. Teh krisan atau teh chrysanthemum merupakan salah satu jenis teh bunga dari Cina yang sering dikonsumsi sampai sekarang dan punya banyak manfaat.

Memiliki tanaman ini di rumah memang membuat rumah tampak cantik, Moms. Tetapi, jauhkan hewan peliharaan Anda dari tanaman ini, karena chrysanthemum mengandung zat pyrethrins yang dapat menyebabkan muntah, diare, air liur berlebih pada kucing atau anjing.

3. Anyelir

Tanaman anyelir atau carnation juga kerap dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah. Namun, hati-hati ya, Moms, bunga anyelir ternyata juga bisa membahayakan hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan Anda memakan bunga ini, ia bisa mengalami ruam dan menderita gangguan pencernaan, seperti diare, perut kembung, dan muntah-muntah.



4. Lili

Moms mungkin termasuk salah satu orang yang menyukai bunga lili, sehingga punya tanaman ini di rumah Anda. Namun jika Moms punya hewan peliharaan, Anda harus menghindari tanaman ini, karena sangat beracun buat mereka. Bunga lili sangat berbahaya untuk kucing karena bisa membuat mereka mengalami penurunan nafsu makan, iritasi pada mulut, muntah-muntah, dan lesu, bahkan hingga menyebabkan gangguan pada ginjal jika termakan dan tertelan.

5. Philodedron

Tanaman ini mengandung zat kimia yang berbahaya buat hewan peliharaan, terutama kucing, karena bisa menyebabkan iritasi pada mulut, lidah, dan bibirnya. Menelan tanaman ini juga bisa membuat kucing Anda terus-terusan berliur, muntah, dan susah menelan makanan.

6. Gypsophila

Bunga gypsophila yang berbentuk kecil dan berwarna putih memang sangat indah untuk dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Tetapi, tanaman ini ternyata tidak baik untuk hewan peliharaan. Memakan tanaman ini bisa membuat mereka sakit perut dan muntah-muntah lho, Moms.

7. Begonia

Tanaman ini punya bentuk indah sehingga sering digunakan untuk hiasan di dalam maupun di taman rumah. Namun, tanaman ini memiliki racun yang berbahaya untuk hewan peliharaan Anda yang bisa membuat mereka muntah-muntah, iritasi pada mulut dan bagian bibir yang terbakar. Selain itu hewan peliharaan akan kesulitan dalam menelan makanan karena produksi air liur yang berkurang.

8. Palem Sago

Palem bisa membuat rumah Anda terlihat indah, asri, dan sejuk. Tetapi, salah satu jenis palem, yaitu palem sago, sangat berbahaya untuk hewan peliharaan, mulai dari daun, pohon, akar, dan terutama bijinya. Hewan peliharaan yang memakan biji pohon ini bisa muntah-muntah, mengalami kerusakan hati, pendarahan pada lambung, bahkan bisa menyebabkan kematian. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   tanaman,   hewan peliharaan