Mother&Baby Indonesia
Menangis Jam 7-10 Malam Bisa Turunkan Berat Badan!

Menangis Jam 7-10 Malam Bisa Turunkan Berat Badan!

Diet, olahraga, atau bahkan operasi sedot lemak untuk menurunkan berat badan? Ternyata tak hanya itu cara yang bisa Anda lakukan untuk memangkas bobot tubuh lho, Moms. Sebuah penelitian telah menguak fakta kalau menangis pun bisa menurunkan berat badan! Namun tentunya tidak sembarang menangis yang bisa memberikan efek ini, menangis karena memotong bawang juga tidak termasuk ya, Moms.

Mau tahu menangis seperti apa dan kapan yang bisa menurunkan berat badan? Baca hasil penelitiannya di bawah ini, yuk!

Jenis-jenis Air Mata




Mengutip AsiaOne, menurut Dr. Aaron Neufeld, dokter spesialis mata dari Los Altos Optometric Group, air mata dikelompokkan menjadi 3, yaitu air mata basal, refleks, dan fisik.

Air mata basal adalah air mata dengan fungsi dasar menjaga kelembapan mata. Air mata refleks adalah air mata yang disebabkan oleh iritasi akibat lingkungan (seperti debu dan asap). Sedangkan air mata fisik atau air mata emosi ini tentu saja dihasilkan akibat perasaan dan emosi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air mata emosi bisa membantu Anda menurunkan berat badan, karena ini berkaitan dengan hormon-hormon yang meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh dan mengurangi berat badan.



Fakta ini juga didukung oleh pakar biokimia William Frey, yang menyebutkan air mata akibat stres menghilangkan racun tubuh. Dan proses Anda menghapus air mata tersebut turut menghilangkan substansi racun-racun yang diciptakan tubuh saat stres emosi.

Menangis pada Jam 7-10 Malam

Ternyata tak semua menangis karena emosi bisa menurunkan berat badan. Penelitian menyebutkan hanya menangis emosi antara jam 7 sampai 10 malam yang bisa menurunkan berat badan. Itu pun tak bisa dibuat-buat, hanya air mata emosi yang asli dan tulus yang bisa meningkatkan kortisol dan memangkas lemak tubuh.

Penasaran dengan alasannya? Mengutip Times of India, ketika sedang istirahat, otot-otot jantung Anda membakar sekitar 8 ½ kalori per jam. Ketika Anda stres, detak jantung Anda pun ikut meningkat. Nah, peningkatan detak jantung ini turut meningkatkan banyaknya kalori yang dibakar.

Lalu, kenapa hanya menangis pada jam 7-10 malam yang bisa mengurangi berat badan? Ini karena di jam tersebut terjadi puncak pelepasan hormon kortisol yang bisa semakin banyak terlepas ketika Anda menangis. Maka kalau Anda mudah menangis sedih karena drama Korea, coba menontonnya di jam 7 sampai 10 malam ya, Moms. Siapa tahu berhadiah turun berat badan! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: diet,   berat badan,   menangis,   emosi