Mother&Baby Indonesia
Yuk, Mengenal Ragam Mainan Netral Gender untuk Anak

Yuk, Mengenal Ragam Mainan Netral Gender untuk Anak

Pernahkah Moms sengaja membelikan suatu mainan yang memiliki warna biru hanya untuk anak laki-laki atau warna merah muda untuk anak perempuan? Pemberian label gender terhadap suatu mainan seperti ini harus mulai diubah.

Sebab, menurut Katie Hurley, LCSW, seorang psikoterapis anak dan remaja, pakar pengasuhan anak, dan penulis The Happy Kid Handbook, warna-warna pada mainan anak bukanlah masalah. Bentuk serta maksud dari permainan tersebut juga sepatutnya tidak dikotakkan khusus hanya satu gender saja. Misalnya robot hanya untuk anak laki-laki dan peralatan masak hanya untuk anak perempuan.

Pelabelan ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak, terutama dalam mengasah daya imajinasi mereka. Karenanya, Anda sebagai orang tua perlu memberikan kebebasan pada anak untuk bisa memainkan banyak hal, dan berikut adalah beberapa mainan yang bisa diberikan pada Si Kecil.



Peralatan Menggambar

Semua anak pasti dapat menggambar, dengan bentuk abstrak sekalipun. Anda bisa memberikan balita pensil warna, krayon, spidol, bahkan cat air yang bisa Si Kecil pakai untuk berekspresi dengan menggunakan semua warna yang ada tanpa membatasinya.

Alat Musik

Sejak dalam kandungan, anak memang sudah bisa mengenal suara dan ritme dari detak jantung ibu. Maka, tak salah bila Anda memberikan alat musik karena sifatnya yang memang sudah netral gender. Semua alat musik bisa dimainkan Si Kecil, sehingga kemampuan motorik dan panca indra dapat terlatih dengan baik.

Sepaket Perkakas

Palu, paku, obeng, serta kacamata khusus untuk membangun sesuatu pun merupakan mainan netral gender yang bisa dimiliki anak laki-laki maupun perempuan. Selain mengenal nama dan cara kerja perkakas, Si Kecil juga mengetahui bahayanya jika alat disalahgunakan atau kurang berhati-hati saat menggunakannya.




Peralatan Dapur

Kata ‘masak’ mungkin terasa identik untuk perempuan, tapi bukan berarti anak laki-laki tidak boleh memainkannya. Berikan saja mainan masak-memasak yang hadir dengan ragam warna-warni untuk Si Kecil. Tak hanya membuatnya familiar dengan alat untuk memasak di dapur, ia juga tahu bahan makanan yang biasa diolah Moms dan jadi berimajinasi menciptakan menu buatannya sendiri.

Rumah atau Bangunan

Anak-anak dengan imajinasinya mampu membuat rumah atau bangunan, seperti dikhususkan untuk boneka. Selain bentuk rumah dari susunan kayu atau membuat rangkaian rel kereta, Moms juga bisa berikan mainan dari magnet yang bisa membentuk suatu bangunan tertentu.

Alat Kesehatan

Permainan dokter-dokteran juga jadi salah satu mainan netral gender dan menjadi yang paling umum diberikan pada anak. Mainan ini setidaknya bisa jadi alat melatih Si Kecil untuk tidak takut ke dokter dan melihat peralatan kesehatan secara langsung.

Perlu diingat bahwa anak-anak sangat suka mencoba sesuatu yang baru. Jadi tanpa memberikan label khusus, biarkan Si Kecil memilih mainannya sendiri tanpa memandang gender tertentu dan mengetahui yang paling sesuai untuknya. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   mainan,   permainan,   gender