Mother&Baby Indonesia
Intip Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Anak

Intip Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Anak

Sebagai orang tua, tentu Anda ingin Si Kecil tumbuh dengan sehat, kuat, dan mungkin memiliki badan yang tinggi. Hal ini dikarenakan mungkin beberapa hal tersebut menjadi parameter pertumbuhan dan kesehatan anak. Tak heran bila Moms berusaha untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil dengan memastikan bahwa anak Anda tumbuh sehat dan tinggi.

Gen tentu memiliki peranan penting untuk menentukan tinggi badan anak. Namun, gen bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi tinggi badan Si Kecil, Moms. Masih banyak faktor eksternal lainnya yang dapat mendukung tinggi tubuh anak, seperti kondisi tempat tinggal mereka, jenis makanan yang dimakan, serta olahraga yang dilakukan.

Nah, agar Si Kecil memiliki badan yang tinggi, berikut beberapa cara mudah yang bisa Moms lakukan untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan anak Anda.



1. Pastikan Nutrisinya Terpenuhi

Untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan anak secara maksimal, Moms perlu memastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi yang tepat dan seimbang. Penuhi kebutuhan asupan nutrisi anak seperti protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dengan proporsi yang benar, yang bisa didapat dari berbagai sumber makanan dan minuman.

Berikan pula ia makanan yang kaya akan zinc, seperti kacang tanah atau biji labu untuk mendukung pertumbuhannya. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara seimbang, Moms tidak hanya membantunya untuk tumbuh tinggi, tapi mendukung ia tumbuh kuat dari dalam.

2. Lakukan Latihan Peregangan

Mengajari Si Kecil beberapa gerakan latihan peregangan sederhana sejak usia dini dapat mendukung dan memberikan dampak yang besar bagi proses pertumbuhan tinggi badannya. Latihan peregangan atau stretching diketahui dapat membantu memanjangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh anak Anda.

3. Berenang

Berenang merupakan latihan sehat dan menyenangkan yang dapat membantu pertumbuhan Si Kecil secara keseluruhan. Saat berenang, seluruh tubuh bergerak sehingga membuat semua otot pada tubuh bekerja. Selain itu, berenang juga melibatkan banyak gerakan peregangan yang dapat memperkuat tulang belakang dan meningkatkan tinggi badan Si Kecil.

4. Lompat Tali

Selain berenang, lompat tali atau skipping juga merupakan jenis latihan yang menyenangkan bagi anak dan tak jarang dianggap sebagai sebuah permainan. Saat melakukan lompat tali, seluruh tubuh, termasuk jantung, bekerja dan dapat membantu menambah tinggi badan Si Kecil.



Saat anak melakukan lompat tali, seluruh tubuhnya meregang dan mendorong pertumbuhan vertikal pada tubuh anak. Selain itu, lompat tali juga merupakan latihan kardio yang luar biasa, yang dapat membantu menjaga Si Kecil tetap aktif dan sehat.

5. Bola Basket

Bola basket tampaknya merupakan salah satu olahraga yang biasa dipilih untuk membantu menambah tinggi badan. Melansir laman Basketballworld, ilmu sains bahkan menunjukkan bahwa bermain bola basket dapat menambah tinggi badan seseorang beberapa inci karena adanya gerakan anaerobik dan gerakan melompat yang menjadi bagian dari permainan bola basket.

6. Biarkan Anak Bergelantungan

Bergelantungan sudah sejak lama dipercaya sebagai cara membantu menambah tinggi badan. Bergelantungan pada sebuah palang dapat membantu memanjangkan dan meluruskan tulang belakang anak, sehingga bisa membantu dalam proses pertumbuhan tinggi Si Kecil. Selain dengan bergelantungan biasa, ajak pula Si Kecil untuk melakukan gerakan pull-up dan chin-up sehingga membuat otot punggung dan lengannya lebih kuat.

7. Ajak Anak Yoga

Latihan yoga melibatkan banyak gerakan peregangan dan keseimbangan, yang keduanya bagus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan anak Anda. Ajak Si Kecil melakukan beberapa gerakan yoga asana seperti surya namaskar, chakra asana, dan vrikshasana.

8. Pastikan Anak Memiliki Tidur Cukup

Tak hanya orang dewasa, kualitas tidur juga harus dimiliki oleh Si Kecil. Bukan hanya sekadar tidur nyenyak, namun berapa lama waktu tidur yang didapatkan juga menentukan kualitas tidurnya. Pastikan Si Kecil tidur selama 8 jam setiap malam agar ia tetap sehat dan tumbuh kuat.

Tidur juga diketahui dapat memengaruhi pertumbuhan tinggi badan anak karena saat tidur seseorang melepaskan hormon pertumbuhan yang disebut HGH (Human Growth Hormone), yang berperan langsung dalam meningkatkan tinggi badan. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: anak,   balita,   tinggi badan