Mother&Baby Indonesia
7 Tips agar Anak PD Bicara di Depan Banyak Orang

7 Tips agar Anak PD Bicara di Depan Banyak Orang

Urusan memupuk rasa percaya diri anak memang cukup menantang ya, Moms. Terutama ketika Moms harus memupuk rasa percaya diri anak untuk berbicara di depan banyak orang. Ya, tak jarang anak yang mendapat sebutan ‘jago kandang’ atau lancar berbicara di depan keluarga saja. Tapi kalau sudah bicara di depan kelas atau di depan banyak orang, tiba-tiba Si Kecil yang biasanya ceriwis bisa diam seribu bahasa.

Percaya diri atau PD berbicara di depan banyak orang memang kemampuan yang penting dipupuk sejak dini, karena cepat atau lambat, kemampuan ini dibutuhkan untuk presentasi tugas sekolah atau pekerjaannya kelak. Mau tahu cara ampuh agar anak PD bicara di depan banyak orang? Ikuti tips di bawah ini, Moms.

1. Mulai dari Hal Kecil



Ingat, menumbuhkan rasa percaya diri untuk tampil di depan orang banyak bukan hal yang bisa dilakukan dalam 1 malam. Mulailah dari hal kecil dan jangan menekan anak terlalu keras. Jika anak Anda pemalu, coba latihan dari hal kecil, seperti meminta anak untuk memesan sendiri makanannya ke pelayan restoran. Interaksi dengan orang lain seperti ini memupuk rasa PD anak untuk bicara dan tampil di depan orang lain.

2. Diskusi Keluarga

Cara paling nyaman bagi anak untuk belajar PD adalah dengan latihan mengutarakan pendapat saat diskusi keluarga. Coba Moms dan Dads lempar topik bahasan, entah mengenai film yang baru ditonton atau mengenai hal-hal yang sering dilakukan keluarga Anda. Lakukan diskusi ringan yang seru dan biarkan anak berpendapat. Ini juga membuat anak merasa dihargai karena pendapatnya selalu didengar.

3. Belajar Membuat Keputusan

Berani membuat keputusan juga memengaruhi rasa percaya diri anak untuk tampil dan bicara di depan publik lho, Moms. Maka coba beri kesempatan anak belajar membuat keputusan. Mulai dari hal sederhana saja, seperti mau makan malam di restoran mana atau mau melakukan aktivitas seru apa di akhir pekan.

4. Fokus pada Kelebihan



Langkah pertama agar anak PD, tentu saja dengan memupuk rasa percaya dirinya. Untuk menumbuhkan rasa ini, Moms bisa fokus pada kelebihan anak, bukan pada kekurangannya. Jabarkan kelebihan pada diri Si Kecil yang bisa memberikan energi positif agar ia PD. Jangan biarkan ia berkecil hati karena merasa rendah diri, Moms. Ia harus tahu kalau ia hebat, berbakat, dan penampilannya pasti disukai banyak orang.

5. Strategi Berbicara

Terkadang, anak sulit untuk berbicara dengan orang lain bukan karena malu, tetapi karena bingung untuk memulai percakapan. Untuk itu, komunikasikan dengan anak mengenai hal-hal yang menghambatnya tampil atau berbicara dengan orang lain. Setelah itu, bantu anak menyusun kalimat dan strategi berbicara.

6. Beri Contoh

Selain Moms dan Dads bisa memberi contoh cara bertegur sapa dengan orang lain dan cara tampil di depan publik, Anda juga bisa mengajak Si Kecil melihat langsung penampilan panggung. Entah itu penyanyi, penari, atau pidato yang formal. Lihat di YouTube saja juga sudah cukup membantu kok, Moms.

7. Panggung Rumahan

Ajak untuk latihan tampil di depan orang banyak, walau sementara hanya tampil di Zoom Meeting dengan keluarga tersayang. Buatlah panggung rumahan dan biarkan anak tampil atau pidato di depan keluarga. Agar semakin maksimal, atur tata cahaya dan pakailah pakaian resmi! Ini akan membantu anak merasakan sensasi nyata tampil di atas panggung. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: public speaking,   percaya diri,   balita,   anak,   mandiri