Mother&Baby Indonesia
Yuk, Berkenalan dengan Si “Terrific Three”!

Yuk, Berkenalan dengan Si “Terrific Three”!

Setiap anak tentu memiliki tumbuh kembang yang berbeda seiring bertambahnya usia mereka. Tak terkecuali pada anak yang memasuki usia 3 tahun, ia akan memiliki perilaku berubah meski tidak jauh berbeda dengan ketika usianya 2 tahun.

Fase ini dikenal dengan sebutan terrific three, di mana setidaknya ada lima perkembangan umum yang akan Si Kecil miliki, yaitu fisik, sosial, emosi, intelektual, dan moral. Kelimanya bisa terjadi secara tidak berurutan, namun akan tampak dalam perilakunya sehari-hari.

Jadi Lebih Aktif!

Pada usia 3 tahun, Si Kecil akan menjadi lebih aktif daripada sebelumnya. Dilansir dari School of Parenting, terdapat enam poin utama yang menunjukkan perkembangan anak sebagai Si Terrific Three, di antaranya:



• Hafal suara-suara tertentu dan mampu mengikuti irama sederhana.

• Berusaha meniru aktivitas orang dewasa.

• Mampu mengikuti petunjuk sederhana.

• Senang berlari, memanjat, melompat, menendang/melempar bola, menarik/mendorong objek tertentu.

• Sangat penasaran dan suka mengeksplorasi 5 panca indra.

• Dapat mengontrol BAK/BAB.

Jika dijelaskan lebih detail, pada perkembangan fisiknya, anak sudah mulai bermain dengan benda-benda yang sering ia pegang seperti pensil, sendok, hingga kancing. Si Kecil juga ingin memilih dan mengenakan pakaiannya sendiri, bahkan enggan dibantu Moms sekalipun.

Pada perkembangan intelektual, perbendaharaan kata anak semakin bertambah sehingga ia mampu membentuk dan mengucapkan 3-4 kalimat. Ia pun sudah hafal dengan hitungan serta beragam warna dasar di luar kepala.

Meski masih sering takut dengan orang asing, namun Si Terrific Three sudah mampu memberanikan dirinya bergabung dengan sebuah kelompok dan mendengarkan cerita singkat. Kemampuan sosial ini pun bisa dijadikan sarana untuk anak belajar hal-hal sederhana saat membersihkan rumah, seperti menyapu atau mengelap.



Dari sisi perkembangan emosi, Si Kecil akan mampu menunjukkan ekspresi tertawa, mengamuk, menangis histeris, memekik. Walaupun ia tahu mana yang buruk saat melakukannya, namun ia masih ingin mendapat predikat anak baik dari orang tua dan sekitarnya. Tetapi, di usia 3 tahun ini anak juga akan mulai sering berkata tidak dan masih sulit menepati janji.


Menangani Terrific Three

Jika Si Kecil sedang dalam fase ini, Moms dan Dads tentu perlu mengantisipasi perilakunya dengan sikap sabar dan berusaha mengikuti ‘alur’ mereka. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak berekspektasi tinggi pada perubahan sikapnya yang masih terbilang ‘sulit diatur’.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah menangani anak di usia 3 tahun tersebut, di antaranya:

1. Gunakan bahasa yang sederhana saat berbicara atau memberikan petunjuk pada anak, seperti “Tolong ambilkan sendok di atas meja, Nak” atau “Bisakah kamu tidak berteriak selagi adik tidur?”.

2. Boleh ajarkan potty training, meski belum berhasil sepenuhnya.

3. Kenalkan dengan konsep berbagi secara perlahan, tanpa memaksanya untuk menyerahkan mainan atau makanan yang ia sukai pada teman atau saudaranya.

4. Libatkan Si Kecil dalam melakukan pekerjaan rumah yang mudah, seperti merapikan mainannya sendiri.

5. Perlu diingat bahwa tidak ada kata salah ataupun benar pada setiap hal yang anak hasilkan berkaitan dengan seni.

Semoga lancar saat menghadapi Si Terrific Three ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: balita,   anak,   terrific three