Mother&Baby Indonesia
Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak di Masa Sekolah dari Rumah

Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak di Masa Sekolah dari Rumah

Sekolah dari rumah atau school from home (SFH) memaksa Si Kecil untuk sekolah online melalui gadget. Hal ini tentu membuat Moms khawatir, apakah mata Si Kecil bisa rusak kalau setiap hari pakai gadget berjam-jam? Nah, untuk mencegah hal tersebut, Mother&Baby bertanya langsung pada dr. Kianti Raisa Darusma, SpM(K), MmedSci, Dokter Spesialis Mata Pediatrik dan Strabismus di Eka Hospital BSD. Simak tips menjaga kesehatan mata anak di school from home yuk, Moms.

Anjuran Durasi Screentime

Menurut dr. Kianti, WHO atau Badan Kesehatan Dunia merekomendasikan batas maksimal anak melihat laya (screentime) berdasarkan usianya, yaitu:

0-18 bulan: Tidak boleh ada screentime sama sekali.



18-24 bulan: Kurang dari 1 jam, dengan konten yang mendidik.

3-5 tahun: 1 jam per hari.

6-10 tahun: 1-1,5 jam.

11 ke atas: 2 jam per hari.

Masalah Mata yang Sering Terjadi

Menurut dr. Kianti, meningkatnya screentime di era pandemi ini membuat anak rentan terkena digital eye strain. Gejalanya berupa mata pegal, kering, buram, sakit kepala, mata berair, kedipan mata tidak normal (bisa lebih sering atau lebih jarang). Normalnya mata anak berkedip 12-15 kali per menit, pada saat anak fokus pada layar, maka kedipan matanya berkurang. Nah, jika anak Anda terlihat sudah mulai sering mengucek mata dan lebih sering berkedip, maka Moms perlu mewaspadai mata anak sudah terlalu lelah. 



Menjaga Kesehatan Mata Anak saat SFH

Agar mata anak tetap terjaga kesehatannya saat sekolah online, berikut beberapa saran dr. Kianti:

• Gunakan layar gadget yang besar. Seperti menggunakan laptop, komputer, atau minimal tablet, bukan layar ponsel yang terlalu kecil.

• Pastikan area belajarnya tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu gelap. Pastikan tidak ada cahaya jendela atau lampu yang memantul ke layar dan menciptakan glare, karena glare dapat membuat anak pusing dan matanya lelah.

• Coba puasa gadget tiap akhir pekan. Karena Si Kecil wajib sekolah online menggunakan gadget, maka coba terapkan puasa gadget tiap akhir pekan ya, Moms. 

• Terapkan aturan 20-20-20: Setiap memakai gadget 20 menit, istirahatkan mata 20 detik, dan fokus menatap benda berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

(Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: mata,   anak,   school from home,   dokter mata,   balita