Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Bayi Rewel Menjelang Waktu Tidur

Mengatasi Bayi Rewel Menjelang Waktu Tidur

Masa-masa memiliki bayi kerap dianggap sebagai periode sulit tidur. Bukan hanya memiliki jam tidur yang tak menentu, bayi juga terkadang rewel ketika akan ditidurkan sehingga membuat ibu lelah. Apakah Moms juga mengalaminya?

Ada sejumlah alasan mengapa bayi menjadi rewel, mulai dari rasa lapar, tidak enak badan, kembung, hingga stimulasi yang berlebihan. Namun Anda bisa mengatasi rewel pada bayi sebelum tidur dengan beberapa cara berikut ini.

1. Memastikan Perutnya Kenyang

Seperti telah disebutkan di atas, salah satu penyebab bayi rewel menjelang waktu tidur adalah rasa lapar yang ia rasakan. Oleh sebab itu, Moms sebaiknya mencoba memberikan ASI terlebih dahulu ketika Si Kecil mulai menunjukkan tanda-tanda gelisah. 



Perhatikan, jika bayi mulai tenang setelah menyusui berarti ia memang rewel karena lapar. Akan tetapi jika ia masih terlihat gelisah atau bahkan menangis, artinya ada penyebab lain, seperti perut kembung atau badannya memang tidak enak.

2. Menggendong Si Kecil

Digendong atau berada dalam pelukan ibu biasanya cukup ampuh untung meredakan tangis bayi. Si Kecil tentunya akan merasa aman dan nyaman berada dalam dekapan Moms.

3. Nyanyikan Lagu

Lagu dan suara ibu merupakan dua unsur yang memiliki efek menenangkan bagi bayi. Saat Si Kecil rewel, Anda bisa menyanyikan lagu yang menenangkan sambil mengayun-ayunkannya hingga tertidur. Tapi ingat ya Moms, jangan mengayunkan bayi terlalu kencang karena bisa memengaruhi kesehatannya.



4. Belaian Lembut

Selain menggendong dan mengayun-ayunkannya secara perlahan, Moms juga bisa memberikan belaian lembut di punggung bayi agar tidak rewel. Beberapa bayi juga menyukai pijatan lembut yang dilakukan ibu sehingga bisa tertidur lebih nyenyak.

5. Redupkan Lampu

Saat akan menidurkan Si Kecil, Moms disarankan untuk meredupkan lampu. Hal ini bisa membantu bayi untuk lebih cepat terlelap.

6. Ciptakan Suasana Kamar yang Tenang

Ya, sebisa mungkin jauhkan berbagai suara bising dari kamar Si Kecil. Jangan menaruh televisi dan membiarkannya menyala menjelang waktu tidur bayi. Selain itu, Moms juga perlu menjauhkan telepon genggam. Suara atau getaran ketika ada telepon dan pesan yang masuk akan membuat bayi semakin sulit untuk tidur. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   bayi rewel,   rewel sebelum tidur