Mother&Baby Indonesia
Yuk, Sajikan MPASI Mentimun untuk Bayi Anda, Ini Manfaatnya

Yuk, Sajikan MPASI Mentimun untuk Bayi Anda, Ini Manfaatnya

“Wortel sudah, brokoli sudah, bayam sudah. Hmm, sayur apa lagi ya yang bisa dijadikan bahan MPASI untuk Si Kecil?.” Mungkin kebingungan seperti inilah yang hinggap pada diri Anda saat Si Kecil sudah mulai makan atau memasuki masa MPASI. Setiap harinya, Anda juga merasa tertantang untuk memberikan makanan yang bervariasi buat Si Kecil.

Bila Anda kebingungan untuk memberikan jenis sayur lain untuk MPASI Si Kecil, mungkin M&B akan menyarankan Moms untuk menjadikan sayur mentimun sebagai bahan membuat MPASI buah hati Anda. Karena selain mudah didapat, mentimun juga memiliki berbagai manfaat lho, untuk Si Kecil. Apa saja ya, manfaatnya?

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mentimun kaya akan flavonoid dan tanin yang memiliki efek antioksidan dan analgesik. Antioksidan ini sangat penting untuk melawan kerusakan radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Si Kecil.



2. Mendukung Pertumbuhan Anak

Mentimun mengandung berbagai nutrisi esensial yang dapat mendukung pertumbuhan anak mulai dari fisik, neurologis, hingga perkembangan penglihatan, sirkulasi darah, sintesis zat besi, kesehatan tulang, dan sebagainya.

3. Baik untuk Menghidrasi Tubuh

Hampir 95% kandungan mentimun adalah air. Maka tak heran bila mentimun baik dikonsumsi untuk dapat menghidrasi tubuh. Agar Si Kecil mendapatkan manfaat mentimun untuk menghidrasi tubuhnya, Moms bisa membuatkan puree mentimun untuk Si Kecil.

4. Pereda Nyeri Alami

Bayi tidak bisa mengonsumi sembarang obat pereda nyeri atau pain killer. Maka penggunaan mentimun bisa menjadi alternatif pereda nyeri bagi bayi Anda. Hal ini dikarenakan mentimun diketahui mengandung flavonoid yang memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri dalam situasi tertentu.

5. Membantu Meredakan Masalah Perut

Mentimun diketahui manjur untuk meredakan masalah perut seperti sembelit, asam lambung, maag, dan gangguan pencernaan umum lainnya. Saat Si Kecil mengalami masalah perut, Moms bisa memberikan mentimun dengan cara dibuat jus.



6. Membantu Mengatasi Masalah Kulit

Kulit bayi sangat sensitif, maka tak heran bila kulitnya mudah bereaksi, apalagi saat digigit oleh serangga, sehingga membuat kulitnya menjadi bentol berwarna kemerahan. Nah, untuk mengatasinya, Moms bisa menaruh irisan mentimun di atas kulit Si Kecil yang bentol, karena mentimun diketahui bisa digunakan sebagai pengobatan alami yang dapat meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan pada kulit hingga tingkat tertentu.

Wah, banyak sekali ya, manfaat mentimun sebagai MPASI untuk Si Kecil! Namun perlu diingat ya Moms, sebaiknya Anda memberikan mentimun sebagai makanan Si Kecil (dengan cara ditumbuk atau dijadikan bubur atau puree) saat usianya di atas 9 bulan. Sementara bila Anda ingin memberikan mentimun mentah sebagai finger food Si Kecil, pastikan ia sudah menginjak usia 12 bulan.

Menurut National Center for Biotechnology Information, hal ini dilakukan untuk menghindari masalah pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh senyawa cucurbitacins yang ada pada mentimun. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)




Tags: mentimun,   mpasi,   bayi