Mother&Baby Indonesia
Bahan Makanan yang Aman untuk Sensory Play Bayi Anda

Bahan Makanan yang Aman untuk Sensory Play Bayi Anda

Saat mengamati tahapan perkembangan atau milestones bayi, kebanyakan orang tua mungkin masih memperhatikan keterampilan motorik Si Kecil dibandingkan dengan keterampilan sensoriknya. Padahal, kemampuan sensorik juga sangat penting karena berkaitan dengan fungsi berbagai indra Si Kecil.

Kemampuan sensorik adalah kemampuan bayi untuk menggunakan semua indra yang ada pada dirinya, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba. Mengutip laman Collaborative For Children, kemampuan sensorik berguna bagi bayi untuk mengenali dan mengeksplorasi dunia sekitarnya yang berguna untuk tumbuh kembangnya.

Salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan sensorik bayi adalah dengan melakukan sensory play atau permainan sensori. Ini adalah permainan yang mengasah sense atau panca indra anak, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa, dan peraba. Dengan melakukan permainan ini, kemampuan indra Si Kecil akan terasah, Moms.



Bentuk permainan sensori ini sendiri beragam, tak hanya dari mainan yang sudah ada dan bisa dibeli di pasaran, tapi juga yang bisa Anda kreasikan sendiri. Meskipun begitu, mungkin ada kekhawatiran saat anak bereksplorasi dengan permainan ini, ia akan memasukkannya ke dalam mulut dan menelannya, apalagi jika Si Kecil sedang berada di fase teething.

Karena itu, Moms bisa membuat permainan sensori dengan bahan yang aman untuk Si Kecil. Ya, Anda bisa gunakan bahan makanan sebagai media permainan sensori. Berikut ini beberapa ide bahan makanan yang dapat Anda jadikan media permainan sensori buat bayi Anda, Moms. Namun ingat, selalu awasi Si Kecil saat melakukan permainan sensori ya, Moms, agar tidak ada bahan makanan yang tidak sengaja tertelan atau masuk ke lubang hidung maupun telinga bayi Anda.

1. Buah-buahan

Tekstur buah yang padat namun lembut bisa menjadi bahan ideal untuk permainan sensori. Cukup potong buah seukuran dadu kecil-kecil, lalu letakkan di atas piring dan biarkan anak bereksplorasi dengan buah-buahan tersebut.

Supaya aman, pilih buah yang lunak, seperti pepaya, semangka, melon, atau buah naga, dan hindari buah yang agak keras, seperti apel dan pir. Jika Si Kecil sudah memiliki beberapa buah gigi dan bisa menggigit serta mengunyah buah yang agak keras, Anda bisa berikan buah-buahan tersebut untuk ia mainkan.

2. Pasta

Moms juga bisa gunakan pasta yang sudah dimasak maupun tidak. Untuk membuat anak lebih tertarik memainkannya, berikan pasta warna-warni yang menarik menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi. Jika Anda memakai pasta yang sudah direbus, ingat untuk tidak merebusnya terlalu lama ya, Moms, agar tidak terlalu lembek.



Untuk pasta yang belum direbus, Moms bisa taruh beberapa buah pasta dalam toples plastik dan tutup rapat. Kemudian goyang-goyangkan hingga mengeluarkan bunyi. Permainan ini akan mengasah indra pendengaran Si Kecil. Jika bayi sudah agak besar, ajak ia memindahkan pasta satu demi satu ke dalam suatu wadah.

3. Beras

Anda bisa membuat color rice untuk permainan sensori Si Kecil, Moms. Cara membuatnya sangat mudah. Masukkan beras ke dalam wadah, lalu beri beberapa macam pewarna makanan, kemudian jemur hingga kering. Sensasi meremas beras berwarna-warni pasti membuat Si Kecil senang melakukannya.

Biarkan bayi Anda mengeksplorasi tekstur beras sambil belajar mengenal warna. Moms juga bisa masukkan beras ke dalam toples plastik dan goyang-goyangkan hingga menghasilkan bunyi.

4. Agar-agar

Teksturnya yang lembut dan kenyal akan membuat Si Kecil tertarik untuk meremas-remasnya hingga menempel di tangannya. Warna-warni yang ada pada agar-agar juga bisa mengasah indra penglihatannya dan membuatnya belajar mengenal warna. Namun agar-agar yang dijual dalam kemasan umumnya memiliki perisa tambahan. Untuk lebih aman, Moms bisa membuat agar-agar sendiri untuk Si Kecil.

5. Tepung

Moms juga bisa gunakan tepung untuk permainan sensori bayi Anda. Namun, Anda sebaiknya siapkan tempat khusus, karena pasti akan berantakan saat Si Kecil mulai mengacak-acak tepung. Anda pun bisa kreasikan tepung menjadi moon sand atau pasir mainan. Caranya, campur tepung dengan baby oil. Moms juga bisa bikin play dough dengan tepung.

Selain ke-5 bahan tersebut, Moms juga bisa gunakan sereal, whipped cream, air, kacang-kacangan, dan banyak lagi. Asyik, kan? Dan Si Kecil juga pasti suka, Moms. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   sensory play,   bahan makanan