Mother&Baby Indonesia
Kapan Warna Kulit Asli Bayi Akan Terlihat?

Kapan Warna Kulit Asli Bayi Akan Terlihat?

Ada begitu banyak informasi yang menarik seputar dunia anak. Salah satunya adalah persoalan warna kulit. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, mengapa warna kulit semua bayi tampak sama? Mengapa bayi saya pas lahir warna kulitnya berwarna putih kemerahan, namun setelah beberapa hari berubah menjadi kuning langsat? Simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Warna keputihan atau kemerahan

Mungkin Anda sempat kaget, “Mengapa bayi saya terlahir sangat putih?” atau “Wah, seminggu kemarin warnanya putih mengapa hari-hari belakangan ini kulitnya menggelap?” Jangan khawatir, karena perubahan warna kulit pada bayi adalah hal yang normal terjadi, Moms.

Ketika lahir, bayi akan memiliki lanugo atau rambut halus di sekujur tubuhnya. Lanugo akan hilang setelah beberapa hari. Selain itu, lanugo juga dapat dilapisi oleh vernix, yakni cairan berminyak berwarna keputihan yang melindungi kulit bayi dari cairan ketuban. Biasanya, vernix akan hilang setelah dimandikan sekali atau dua kali. Hal-hal ini membuat kulit bayi terlihat sangat terang dan putih.



Menariknya lagi, apa pun ras dan suku Anda, bayi Anda akan memiliki kulit berwarna merah muda, merah gelap, atau keunguan di hari-hari awal kehidupannya. Kaki tangannya pun dapat berwarna kebiruan. Hal ini disebabkan oleh sistem sirkulasi darah yang mulai bekerja keras mendukung kehidupannya di luar janin. Selain itu, kulitnya juga masih sangat tipis sehingga pembuluh darah di bawah kulit dapat terlihat dengan jelas.

Berubah secara permanen

Sebenarnya, warna kulit akan selalu berubah seiring dengan perkembangan seseorang. Namun begitu, warna kulit asli pada bayi akan mulai tampak sejak usia 2 bulan. Bayi dengan kulit gelap pun akan lahir dengan kulit berwarna terang, biasanya satu atau dua tingkat lebih terang daripada kulit aslinya. Dalam beberapa kasus tertentu, seorang bayi bahkan baru mendapatkan warna kulit aslinya setelah ia berusia 6 bulan.



Cepat atau lambatnya perubahan warna kulit bayi sangatlah dipengaruhi oleh faktor genetik. Kulit bayi akan mengalami proses penebalan serta pertambahan jumlah pigmen, dan hal ini akan menjadikan warna kulit bayi berubah sesuai dengan kondisi genetiknya masing-masing.

Bila Anda penasaran dengan warna kulit asli Si Kecil dan tak sabar menunggunya berubah warna, Anda bisa periksa ujung telinga Si Kecil. Ujung telinga bayi dapat tampak berbeda dengan tampilan warna kulit lain di sekujur tubuhnya, dan ini dipercaya menjadi tanda warna asli kulit yang akan muncul nantinya.

Yang perlu diperhatikan adalah kulit yang berwarna kebiruan tidak semestinya menjadi permanen. Bila Anda mendapati bagian kulit Si Kecil yang berwarna kebiruan setelah beberapa bulan, maka Anda perlu waspada dan memeriksakannya ke dokter. Selain itu, bila kulit bayi berwarna kekuningan Anda juga perlu segera bawa Si Kecil ke dokter karena dapat menjadi tanda jaundice. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: kulit bayi,   bayi