Mother&Baby Indonesia
Moms, Begini Cara Tepat untuk Mengganti Popok Bayi

Moms, Begini Cara Tepat untuk Mengganti Popok Bayi

Adakah momen yang ingin Anda hindari saat menjadi ibu? Mari akui bersama, mengganti popok bukanlah tugas yang menyenangkan bagi siapa pun. Walaupun begitu, mengganti popok Si Kecil tetap wajib dilakukan karena termasuk dalam paket rangkaian perawatan bayi.

Mengganti popok juga perlu dilakukan secara hati-hati dan benar, karena salah atau asal melakukannya malah bisa menyebabkan Si Kecil menjadi tidak nyaman, atau bahkan menimbulkan gangguan kesehatan, seperti infeksi saluran kemih. Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengganti popok bayi?

Cara Tepat Mengganti Popok Bayi

Jangan khawatir Moms, M&B sudah merangkum cara yang tepat. Simak penjelasan berikut, Moms!



1. Siapkan popok bersih, kapas dan air atau tisu basah, handuk kering, dan pelembap kulit bayi atau rash cream. Persiapan perlu dilakukan agar Moms tidak perlu repot lagi mencari barang-barang tersebut saat mengganti popok.

2. Tidurkan Si Kecil pada permukaan yang rata dan halus. Moms bisa gunakan handuk sebagai alas. Di mana pun Anda menggantikan popok Si Kecil, tetap pegang Si Kecil dengan satu tangan setiap saat untuk menjaganya tidak berputar dan tetap aman.

3. Buka popok dan amati kotorannya.

4. Bila Si Kecil hanya buang air kecil, maka angkat kedua kakinya, lalu bersihkan dengan cara mengusap dari kemaluan hingga pantat. Bila Si Kecil memiliki ruam, maka bersihkan menggunakan kapas yang direndam air hangat. Namun bila tidak memiliki ruam, Moms bisa gunakan handuk basah atau tisu basah yang tidak mengandung alkohol dan hypoallergenic.

5. Bila Si Kecil buang air besar, maka bersihkan kotoran menggunakan popok itu sendiri sebelum dibersihkan lagi dengan air hangat atau tisu basah. Angkat kedua kakinya, lalu bersihkan dari arah kemaluan ke arah bokong.



6. Keringkan dengan menggunakan handuk kering dan tunggu beberapa saat hingga benar-benar kering.

7. Gunakan pelembap kulit bayi atau rash cream pada bagian lipatan bokong, paha atas, perut, dan punggung. Tetap gunakan pelembap atau rash cream walau Si Kecil tidak memiliki ruam untuk mencegah munculnya ruam. Tunggu hingga pelembap meresap ke dalam kulit.

8. Pasangkan popok baru pada Si Kecil. Bila menggunakan popok dengan perekat, pastikan Moms memasangkannya tidak terlalu ketat karena dapat menyebabkan ruam dan sesak. Triknya, masukkan dua jari pada sela-sela perekat popok untuk mengukur saat ingin merekatkan popok. Pada bayi laki-laki, posisikan penis menghadap bawah untuk mengurangi risiko kencing bocor.

Moms juga bisa melihat tutorial cara tepat mengganti popok di YouTube Mother&Baby Indonesia. Selamat mengganti popok, Moms! (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)




Tags: bayi,   mengganti popok,   popok










Cover Mei-Juni-Juli 2020