Mother&Baby Indonesia
Moms, ini 7 Tips Aman dan Nyaman Tidur Bersama Bayi

Moms, ini 7 Tips Aman dan Nyaman Tidur Bersama Bayi

Setelah melahirkan Si Kecil, sebagai orang tua, Moms dan Dads tentu ingin selalu berada di dekat Si Kecil, termasuk tidur di tempat tidur yang sama. Wajar kok Moms, karena menatap bayi mungil menggemaskan yang tidur nyenyak memang menjadi kebahagiaan tersendiri untuk para orang tua.

Sebuah studi pun menjelaskan bahwa bayi yang setiap malam tidur bersama sang ibu, atau co-sleeping, memiliki bonding yang jauh lebih kuat dibandingkan bayi yang jarang tidur bersama. Tak hanya itu, banyak orang tua yang memilih untuk tidur seranjang dengan bayi untuk mempermudah apabila Si Kecil terbangun dan menangis karena lapar, Moms bisa langsung menggendong dan menyusui tanpa harus bangun dari tempat tidur.

Tapi, di balik manfaat-manfaat tersebut, berbagi tempat tidur dengan bayi juga masih menuai pro-kontra lho, Moms. Bahkan, American Academy of Pediatrics (AAP) juga tidak merekomendasikan hal ini karena dapat meningkatkan risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), tercekik, tertindih orang tuanya sendiri, dan sederet hal yang tidak diinginkan lainnya.



Di Indonesia pun masih banyak orang tua yang belum terbiasa untuk tidur terpisah dengan Si Kecil. Terlepas dari semuanya, apabila Moms dan Dads berniat untuk tidur bersama Si Kecil, tentunya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan demi kenyamanan dan keamanannya.

1. Posisi Tidur

Moms, terkadang hal sepele seperti arah posisi bayi tidur justru bisa membahayakan nyawa Si Kecil. Salah posisi tidur, bayi berisiko mengalami kematian mendadak karena terhalangnya jalan napas. Jadi, pastikan bayi tidur dengan posisi telentang. Moms sendiri sebaiknya tidur menghadap bayi dengan posisi seperti huruf C. Letakkan salah satu tangan di atas kepala Si Kecil dan kaki Anda mendekati bawah kaki bayi.

Hal yang juga perlu Moms ingat, hindari menempatkan bayi tidur di tengah Anda dan suami, karena bisa meningkatkan risiko bayi terhimpit di antara orang tua. Moms bisa memosisikan Si Kecil di pojok, dengan menempatkan beberapa bantal untuk mengindari bayi terbentur dinding.

2. Terpisah Namun Bersama

Tidur seranjang dengan newborn memang lebih berisiko. Jika Moms tak yakin bisa dengan mudah terjaga saat Si Kecil terancam bahaya, lebih baik Moms menempatkan keranjang atau tempat bayi menempel dengan tempat tidur Anda. Alternatif ini tergolong lebih aman untuk bayi, juga memudahkan Anda untuk menjangkau Si Kecil saat ia membutuhkan Anda.

3. Lingkungan yang Aman

Untuk newborn, jauhkan ia dari bantal-bantal besar, selimut, atau benda-benda lain di atas tempat tidur. Jauhkan juga ia tidur di samping anak kecil, karena anak kecil bisa saja secara tak sengaja berguling atau menendang, dan tentunya ini dapat membahayakan bayi Anda. Hindari juga tidur bersama hewan peliharaan.



4. Tempat Tidur yang Tepat

Pilih tempat tidur dengan permukaan datar dan hindari menempatkan bayi tidur di tempat yang terlalu lembut dan empuk sehingga jika Anda berbaring di atasnya, tempat tidur menjadi bergelombang. Pastikan juga sandaran tempat tidur tidak memiliki celah yang memungkinkan kepala Si Kecil terjepit. Seprai pun harus terpasang dengan baik agar tak mudah lepas dan dapat menutupi wajah Si Kecil yang membuatnya sulit bernapas.

5. Suhu Kamar Nyaman

Moms, suhu tubuh Anda, Dads, dan Si Kecil akan meningkatkan suhu dalam kamar. Karena itu, pastikan agar suhu kamar tetap nyaman, tidak panas, dan cukup oksigen. Sebelum tidur, Moms bisa mengatur suhu kamar sedikit lebih rendah untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan suhu dari panas yang dikeluarkan tubuh.

6. Memilih Pakaian = Penting!

Sesuaikan pakaian bayi dengan suhu lingkungan kamar agar ia tetap nyaman saat tidur. Pastikan pakaian tidak terlalu tebal untuk menghindari suhu yang terlalu panas sehingga Si Kecil kegerahan. Moms juga bisa memakaikan Si Kecil baju tidur model overall agar ia tidak perlu tidur memakai selimut, karena baju tidurnya sudah cukup hangat. Tak hanya Si Kecil, Moms dan Dads pun perlu memerhatikan pakaian yang Anda dan suami kenakan. Selain harus bersih, kenakan juga baju tidur yang simpel, nyaman, dan memudahkan Anda saat menyusui.

7. Perhatikan Kondisi Anda Sendiri

Tak hanya Si Kecil, sangatlah penting bagi orang tua untuk juga memperhatikan kondisi mereka. Pastikan Moms dan Dads dalam keadaan sehat, karena jika tidak, selain mengganggu tidur Si Kecil karena Anda tak bisa tidur nyenyak, kemungkinan besar bayi juga akan mudah tertular.

Hindari mengonsumsi alkohol atau obat tidur yang membuat orang tua hilang kesadaran dan dapat menindih bayi, dan jauhkan bayi dari asap rokok, baik dari orang yang merokok, atau dari benda-benda yang terpapar asap rokok. Jika Dads merokok, ia harus mandi yang bersih dan mengganti baju karena residu asap rokok bisa menempel dan bertahan lama di baju, yang tentunya bisa berbahaya jika terhirup oleh Si Kecil. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: bayi,   tidur bersama bayi,   co-sleeping,   parenting










Cover Mei-Juni-Juli 2020