Mother&Baby Indonesia
Ajaib, Ini Manfaat Mandi ASI untuk Bayi

Ajaib, Ini Manfaat Mandi ASI untuk Bayi

Moms, siapa dari Anda yang tak menyukai aroma bayi yang baru saja dimandikan? M&B yakin tidak ada satu pun ibu yang tak menyukai! Mungkin bila diibaratkan aroma bayi yang baru mandi ini seperti aroma surgawi yang tak ada tandingannya. Namun bagaimana ya, bila Si Kecil mandi menggunakan air susu ibu (ASI)?

Selain memberikan aroma yang segar, ternyata mandi menggunakan ASI juga bisa memberikan manfaat kesehatan pada bayi Anda, lho. Hal ini dikarenakan kandungan ASI yang memiliki sifat menyehatkan, melindungi, dan menyembuhkan bagian dalam dan luar tubuh bayi.



Manfaat Mandi ASI untuk Bayi

ASI diketahui bermanfaat sebagai antibodi yang dapat membentuk sistem kekebalan tubuh. Namun sifat yang menyembuhkan yang terdapat pada ratusan bahkan ribuan nutrisi, lemak, dan vitamin pada ASI juga dapat memberikan dampak positif buat kulit bayi Anda.

Melansir laman Healthline, ASI mengandung 0,8-0,9% protein, 3-5% lemak, 6,9-7,2% karbohidrat, dan berbagai vitamin, mineral, dan zat bioaktif. ASI juga diketahui mengandung immunoglobulin A (IgA), yaitu protein darah yang mengandung bakteri penangkal infeksi, asam palmitat yang berfungsi sebagai pelembap super, dan asam laurat yang bermanfaat sebagai pelembap dan antibakteri.

Selain itu kandungan asam oleat pada ASI dapat melembapkan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan, asam vaksinat melindungi dan memberi nutrisi pada kulit, serta asam linoleat dapat meredakan bintik-bintik pada kulit dan mengurangi peradangan.

Bisa Mengatasi Masalah Kulit Bayi

Mandi ASI juga diketahui bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit bayi seperti:

1. Eksim. Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menemukan bahwa ASI sama efektifnya dengan hydrocortisone cream 1%, krim yang digunakan untuk mengobati eksim ringan hingga sedang.

2. Jerawat. Asam laurat yang terkandung dalam ASI memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan jerawat pada kulit bayi yang mungkin muncul karena Si Kecil menyerap hormon dari darah ibunya saat berada di dalam rahim.



3. Ruam popok. Berdasarkan sebuah studi pada 2013, ASI juga sama efektifnya dengan hydrocortisone cream 1% untuk mengobati ruam popok.

4. Luka dan gigitan serangga. Kandungan IgA pada ASI yang bersifat antibakteri mampu meringankan luka dan gigitan serangga.

Selain bermanfaat untuk kulit bayi, beberapa tetes ASI juga dapat membantu mengatasi infeksi dan saluran air mata yang tersumbat pada bayi. Tak hanya itu, ASI juga dapat menyembuhkan puting susu Anda yang pecah-pecah dan sakit.

Cara Memandikan Bayi dengan ASI

Setelah mengetahui berbagai manfaat mandi dengan ASI, Moms tentu penasaran bagaimana cara memandikan bayi Anda dengan ASI. Caranya cukup mudah, pertama Anda perlu mengisi tempat mandi Si Kecil dengan air hangat. Lalu tuang 150-300 mL ASI, kemudian Moms bisa membiarkan bayi Anda berendam selama 5-15 menit, sambil Anda menyiram ASI ke tubuh Si Kecil.

Untuk penggunaan ASI, tidak masalah bila Moms menggunakan ASI yang telah disimpan dalam lemari pendingin. Namun pastikan Anda mencairkan ASI-nya terlebih dahulu sebelum mencampurkannya ke dalam air pada tempat mandi Si Kecil untuk mengontrol suhu air. Penggunaan ASI yang sudah kedaluwarsa juga tidak dilarang selama ASI masih berbau harum.

Intensitas mandi ASI

Anda juga mungkin bertanya, seberapa sering Si Kecil boleh dimandikan menggunakan ASI? Jawabannya satu sampai dua kali dalam seminggu saja sudah cukup untuk menjaga kulit Si Kecil agar tetap halus, kenyal, dan terbebas dari noda. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: asi,   mandi susu,   bayi