Mother&Baby Indonesia
Rekomendasi Nasal Spray yang Ampuh Atasi Hidung Tersumbat

Rekomendasi Nasal Spray yang Ampuh Atasi Hidung Tersumbat

Moms, saat mengalami hidung tersumbat karena gejala flu ataupun alergi tentu hal ini membuat Anda merasa tak nyaman, ya. Apalagi bila hal ini dialami oleh Si Kecil, sehingga bisa membuatnya sulit bernapas, menyusu, atau bahkan makan.

Untuk meringankan hidung tersumbat ini, tentu hidung perlu dibersihkan dengan lembut. Nah salah satu cara yang dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat adalah menggunakan obat semprot hidung atau nasal spray. Tak hanya orang dewasa saja yang bisa menggunakan nasal spray, Si Kecil juga bisa menggunakannya.



Berikut ini rekomendasi nasal spray yang ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat pada Si Kecil:

1. Betadine Cold Defence Kids Nasal Spray

Nasal spray satu ini bisa digunakan oleh anak berusia 1 tahun ke atas. Semprotan hidung dengan Natural Carragelose terbukti secara klinis membantu mengurangi durasi gejala pilek dan flu hingga dua hari. Carragelose sendiri merupakan bahan alami yang berasal dari jenis rumput laut merah yang terbukti mampu membantu menghilangkan beberapa jenis kuman penyebab pilek dan flu, seperti H1N1 dan rhinovirus penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

2. Sterimar Baby Nasal Spray

Sterimar Baby Nasal Spray merupakan obat semprot hidung yang berguna untuk melembapkan membran nasal (hidung) yang kering dan meradang karena pilek, alergi, kelembapan yang rendah, dan iritasi hidung lainnya pada bayi. Obat semprot yang idealnya digunakan anak usia 0-3 tahun ini mengandung larutan Sea Water dan Purified Water, yaitu larutan isotonis yang memiliki fungsi meringankan inflamasi membran hidung dengan mengencerkan lendir (ingus) supaya mudah keluar sekaligus melembapkan hidung yang kering.



3. Afrin Nasal Spray

Obat semprot hidung yang bisa digunakan orang dewasa dan anak berusia 6 tahun ke atas ini berfungsi untuk meringankan hidung tersumbat akibat flu, sinusitis, serta alergi saluran pernapasan bagian atas. Afrin Nasal Spray ini mengandung oxymetazoline hydrochloride yang dapat melegakan kemampetan di hidung. Selain mengobati hidung tersumbat, obat semprot hidung ini juga bisa digunakan untuk pencegahan infeksi telinga bagian tengah.

4. Respimer Baby Nasal Hygiene

Respimer Baby Nasal Hygiene Nasal Spray bermanfaat untuk membersihkan, melembapkan dan meredakan hidung tersumbat pada anak usia 0-2 tahun. Keunggulan dari obat semprot hidung ini adalah adanya kandungan Sea Water yang tidak menyebabkan efek samping rhinitis medikamentosa (peradangan pada membran hidung). Selain itu, obat semprot hidung ini tidak menggunakan gas propelan atau aerosol yang dapat menyebabkan reaksi alergi dalam sistem penyemburannya.

5. Modexa Nasal Spray

Modexa Nasal Spray bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak dari usia 2 tahun ke atas. Obat semprot hidung ini mengandung mometason furoat (corticosteroid) yang berperan membantu meredakan rhinitis yang disebabkan alergi maupun rhinitis sepanjang tahun, serta rhinosinusitis ringan hingga sedang yang tidak disertai komplikasi. Obat semprot hidung ini diketahui juga dapat membantu menangani polip hidung (benjolan lunak yang tumbuh di jaringan mukosa hidung) tanpa operasi bila Anda menggunakannya secara tepat.

6. Avamys Nasal Spray

Avamys Nasal Spray merupakan obat semprot hidung yang digunakan untuk pengobatan rhinitis alergi, yaitu kondisi pembengkakan membran nasal di dalam hidung yang ditandai dengan bersin-bersin, hidung gatal, hidung tersumbat, dan hidung meler, yang dipicu oleh adanya alergen. Avamys Nasal mengandung flutikason furoat yang termasuk ke dalam golongan corticosteroid, yaitu golongan obat bersifat sebagai anti-inflamasi. Obat semprot ini bisa digunakan orang dewasa dan anak-anak berusia 6 tahun ke atas. Perlu diingat obat semprot satu ini sebaiknya digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: obat semprot hidung,   nasal spray,   rekomendasi,   anak,   bayi