Mother&Baby Indonesia
#MusikalDiRumahAja Angkat Kisah Rakyat untuk Hibur Keluarga

#MusikalDiRumahAja Angkat Kisah Rakyat untuk Hibur Keluarga

Pandemi COVID-19 belum juga berakhir. Semakin banyaknya pasien yang terinfeksi virus corona mungkin membuat Moms khawatir untuk mengajak Si Kecil bepergian atau bertamasya ke luar rumah.

Namun jangan khawatir bakal kehabisan hiburan ya, Moms. Pasalnya, Indonesiakaya.com bekerja sama dengan BOOW LIVE akan menggelar pertunjukan drama musikal secara virtual dengan tajuk #MusikalDiRumahAja. Anda dan keluarga bisa menyaksikan enam cerita rakyat Indonesia dengan format online melalui kanal YouTube IndonesiaKaya, yaitu Malin Kundang, Timun Mas, Sangkuriang, Bawang Merah Bawang Putih, Lutung Kasarung, dan Rara J.

Moms dan Dads tentunya sudah tak asing lagi dengan kisah-kisah tersebut, kan? Ya, cerita rakyat ini pastinya sudah sering Anda dengar atau baca sejak masih kecil. Nah,  dalam #MusikalDiRumahAja, kisah klasik ini akan dikemas lebih modern tapi masih cocok lho, disaksikan bersama Si Kecil.



Hebatnya lagi, #MusikalDiRumahAja melibatkan sederet nama tenar di bidang film dan teater, yang terdiri dari 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris, dan penari Indonesia. Anda tentunya sudah tak asing lagi dengan nama-nama seperti Nia Dinata, Titien Wattimena, Dian H.P, Neona, serta aktor Zack Lee.


“Pandemi COVID-19 mengubah ruang pentas yang identik dengan bangunan fisik berpindah ke ruang virtual dan mendorong para pekerja seni untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ini agar ekosistem industri seni pertunjukan tetap bertahan. Namun tentu saja, keterbatasan pertemuan fisik tidak membuat kreativitas juga terbatas. Hal ini dibuktikan dengan para pekerja seni yang meski melakukan proses produksi di rumah masing-masing, tapi menghasilkan suatu karya musikal online yang luar biasa sebagai bukti cinta pada seni pertunjukan Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com.

“Kreativitas kolektif dan produksi yang dirancang sedemikian rupa dari para pekerja seni ini akhirnya menghantarkan sebuah karya yang unik dan berbeda tapi tetap memuat konten yang padat dengan pesan moral kehidupan zaman sekarang,” lanjutnya.


Sarana Alternatif untuk Berkarya

Selain untuk menghibur keluarga di rumah, #MusikalDiRumahAja juga merupakan sarana alternatif bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya sehingga tidak kehilangan mata pencaharian selama masa pandemi COVID-19.

“Keadaan pandemi ini memberikan banyak perubahan dalam hidup kita. Tanpa disadari, banyak hal yang kita takutkan menjadi kenyataan. Namun kita juga belajar untuk beradaptasi dengan situasi baru ini, dengan cara menerima segala kekurangan kita sehingga kita bisa mengasah kembali kelebihan kita. #MusikalDiRumahAja ini menjadi salah satu wadah bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya meski dibatasi ruang dan pertemuan fisik,” tutur Bayu Pontiagust, Produser Eksekutif #MusikalDiRumahAja.


Moms dan Dads bisa mengajak Si Kecil untuk menyaksikan pertunjukan karya anak bangsa ini setiap Kamis mulai 23 Juli 2020 pada pukul 20.00 WIB secara bebas selama tujuh hari hingga episode baru diluncurkan melalui kanal YouTube IndonesiaKaya. Selain itu, Anda juga bisa berdonasi untuk kegiatan #MusikalDiRumahAja melalui situs https://kitabisa.com/campaign/boowlive.

Jadwal #MusikalDiRumahAja

1. Malin Kundang

Kamis, 23 Juli 2020

Pukul 20:00 WIB

2. Timun Mas



Kamis, 30 Juli 2020

Pukul 20:00 WIB

3. Rara J

Kamis, 6 Agustus 2020

Pukul 20:00 WIB

4. Sangkuriang

Kamis, 13 Agustus 2020

Pukul 20:00 WIB

5. Bawang Merah Bawang Putih

Kamis, 20 Agustus 2020

Pukul 20:00 WIB

6. Lutung Kasarung

Kamis, 27 Agustus 2020

Pukul 20:00 WIB  (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik, IndonesiaKaya)



Tags: musikaldirumahaja,   indonesiakaya,   pandemi,   covid-19,   hiburan