Mother&Baby Indonesia
10 Keluhan Kehamilan yang Aneh dan Jarang Disadari

10 Keluhan Kehamilan yang Aneh dan Jarang Disadari

Baik trimester awal, tengah, maupun akhir, keluhan kehamilan sepertinya selalu hadir ‘menemani’ Anda ya, Moms. Keluhan morning sickness atau mual muntah saat hamil mungkin yang paling umum terjadi. Namun tahukah Anda kalau masih banyak keluhan aneh lainnya yang mungkin terjadi pada bumil? Yuk, ketahui beberapa keluhan kehamilan yang aneh dan jarang disadari.

1. Keputihan

Keputihan mungkin sering dialami para wanita, dan umumnya ini tidak berkaitan dengan kehamilan. Namun di lain sisi, kebanyakan wanita hamil mengalami keputihan lengket berwarna putih kekuningan di trimester pertama (ada juga yang mengalaminya hingga melahirkan).

Penyebabnya adalah peningkatan hormon dan peredaran darah di area vagina yang semakin deras. Kejadian ini meningkat untuk mencegah infeksi di leher ragim dan dinding vagina. Walau normal terjadi, bumil perlu segera ke dokter jika keputihan berbau, gatal, terasa panas, berwarna kuning kehijauan, dan sangat kental atau sangat cair.



2. Suhu Tubuh Meningkat

Biasanya suhu tubuh Anda agak meningkat setelah ovulasi hingga jadwal menstruasi Anda berikutnya. Namun jika ini (biasa disebut suhu tubuh basal) terus meningkat selama lebih dari 2 minggu, maka bisa jadi tanda awal kehamilan, Moms.

3. Sakit Menstruasi

Ibu hamil memang tidak menstruasi, namun rasa kram seperti saat menstruasi bisa Anda rasakan, lho. Bedanya, kram di perut bumil seringkali terjadi di satu sisi perut saja, seperti perut bagian bawah. 

4. Ruangan Berputar

Kehamilan bisa menyebabkan tekanan darah menurun dan pembuluh darah melebar. Hal tersebut bisa menyebabkan bumil merasa pusing dan ruangan di sekitarnya seperti berputar. Jika ini sering terjadi dan semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda ya, Moms.

Ekstra waspada jika ini terjadi dengan keluhan lain seperti nyeri perut hebat dan pendarahan, karena itu bisa jadi tanda kehamilan ektopik.

5. Susah BAB

Rasanya perut sudah melilit seperti akan BAB, namun ketika Anda sudah di toilet, Anda tidak bisa BAB! Penyebabnya adalah perubahan hormon saat hamil yang menghambat sistem pencernaan selama hamil. Jangan kesal dulu, Moms, karena pencernaan yang lebih lambat ini bertujuan memastikan semua nutrisi makanan Anda sudah diserap dengan baik untuk Anda dan Si Kecil.



Jika keluhan ini sangat menggangu, pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi serat dan banyak minum air putih. Jangan lupa rutin olahraga ringan ya, Moms, ini sangat membantu mencegah dan melancarkan konstipasi, lho.

6. Menstruasi Palsu

Mengutip Healthline Parenthood, sekitar 25 sampai 40 persen wanita hamil mengeluarkan bercak darah ringan seperti awal menstruasi. Umumnya ini terjadi ketika telur yang dibuahi mulai menempel di dinding rahim, atau biasa disebut pendarahan implantasi. Biasanya ini terjadi dalam 2 minggu setelah konsepsi.

7. Mudah Sakit

Kehamilan bisa melemahkan imunitas Anda, Ini artinya ibu hamil lebih rentan mengalami batuk, demam, dan flu. Di trimester awal, sangat umum ibu hamil mengalami keluhan-keluhan mirip flu. Jika ini sudah sangat mengganggu aktivitas Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk diberikan obat yang tepat dan aman.

8. Mulut Bau Logam!

Ini dikenal dengan dysgeusia, di mana bumil merasa seperti sedang mengecap koin logam di mulutnya sepanjang kehamilan. Baca artikel Dysgeusia, Penyebab Mulut Ibu Hamil Bau Logam untuk informasi lebih lengkap.

9. Mood Swings

Perubahan hormon kehamilan membuat suasana hati Anda mudah berubah dengan cepat. Jangankan menonton drama Korea yang sedih, melihat tanaman layu saja bisa membuat Anda menangis. Pernah mengalami ini? Jangan khawatir, mood swings adalah keluhan yang normal terjadi saat hamil kok, Moms.

10. Dada Terbakar

Katup antara perut dan kerongkongan pun ikut berubah saat hamil. Area ini menjadi lebih ‘santai’ saat hamil, sehingga asam lambung bisa dengan mudah masuk ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   keluhan kehamilan