Mother&Baby Indonesia
10 Manfaat Mengonsumsi Buah Apel bagi Ibu Hamil

10 Manfaat Mengonsumsi Buah Apel bagi Ibu Hamil

An apple a day keeps the doctor away. Moms, Anda mungkin sudah sering mendengar kalimat tersebut. Ya, apel dianggap sebagai buah yang kaya manfaat sehingga bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit apabila dikonsumsi secara rutin.

Apel juga termasuk salah satu makanan yang wajib dikonsumsi selama masa kehamilan. Nutrisi yang terkandung dalam buah apel meliputi antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, dan asam ursolat.

Bagi Moms yang tengah mengandung, mengonsumsi apel secara rutin bisa membawa banyak manfaat seperti berikut ini:



1. Mengurangi Mual dan Muntah

Ketika hamil, perut Moms akan menjadi lebih sensitif karena meningkatnya asam lambung. Kondisi ini bisa memicu rasa mual dan muntah. Nah, nutrisi dalam apel memiliki fungsi yang dapat menurunkan asam lambung. Rasa asam pada buah tersebut akan mengurangi rasa mual dan ingin muntah yang kerap dirasakan oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama.

2. Sebagai Antioksidan

Tidak hanya kaya vitamin dan serat, apel memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam tubuh untuk membantu mengatasi radikal bebas yang bisa memengaruhi daya tahan tubuh yang cenderung menurun pada masa kehamilan.

3. Mengurangi Risiko Stroke

Selain memberi manfaat bagi janin, apel juga menyehatkan ibu hamil. Mineral yang terkandung di dalamnya baik untuk menjaga kesehatan tulang dan bisa mengurangi risiko penyakit seperti stroke.

4. Menjaga Kebutuhan Nutrisi

Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil adalah munculnya rasa mual. Hal ini sering mengakibatkan Moms malas untuk makan atau bahkan memuntahkan kembali makanan yang telah dikonsumsi. Alhasil, ibu akan kekurangan nutrisi dan kondisi tersebut juga akan berpengaruh terhadap janin.

Mengonsumsi apel merupakan salah satu langkah untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, apel hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan nafsu makan, lho.



5. Mengontrol Gula Darah

Fitonutrien dalam apel membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Fitonutrien dipercaya mampu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk membuat insulin, menghambat enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.

6. Mengatasi Sembelit

Sembelit juga sering terjadi pada ibu hamil. Jika tidak diatasi, sembelit bisa membahayakan kesehatan janin karena zat racun tak bisa keluar dari tubuh. Apel mengandung tinggi serat yang bisa membantu Moms mengatasi masalah sembelit.

7. Menurunkan Risiko Lahir Prematur

Penyebab umum kelahiran bayi prematur adalah saat ibu mengalami sekresi empedu secara berlebih sehingga mengalami komplikasi. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi apel hijau setiap hari.

8. Meningkatkan Kesehatan Saraf

Antioksidan quercetin yang terdapat pada apel dapat mengurangi matinya sel saraf oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf). Efek perlindungan oleh apel juga sekaligus mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif.

9. Mengurangi Risiko Asma

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah apel selama kehamilan dapat mengurangi risiko janin terserang penyakit asma hingga 53 persen. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan pada buah apel dapat menjaga saluran pernapasan janin tetap bersih.

10. Meningkatkan Energi

Ibu hamil biasanya mudah lemas dan lelah. Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah apel dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: apel,   ibu hamil,   antioksidan,   kehamilan