Mother&Baby Indonesia
Ngidam Asinan Rambutan saat Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Ngidam Asinan Rambutan saat Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Saat hamil, makanan asam dan pedas memang sangat menggoda ya, Moms. Terlebih bagi para ibu hamil yang masih merasakan morning sickness atau mual muntah kehamilan. Salah satu makanan yang kerap menjadi menu ngidam bumil adalah asinan rambutan. Wah, perpaduan kuah kecut, pedas, asin, dengan rambutan segar yang manis dan renyah memang segar banget!

Asinan rambutan memang segar, tetapi amankah makanan ini dikonsumsi saat hamil? Cari tahu jawabannya, yuk!

Ibu Hamil vs Rambutan

Ada mitos yang beredar kalau ibu hamil dilarang makan rambutan karena bisa menyebabkan keguguran. Ada juga yang bilang kalau makan rambutan di awal kehamilan bisa menyumbat saluran lahir dan mempersulit persalinannya kelak. Bagaimana faktanya? Tentu saja itu hanya mitos, Moms. Faktanya, ibu hamil boleh kok, makan sedikit rambutan, namun tentu saja tidak boleh berlebihan karena buah ini tinggi kalori dan lemak.



Bolehkah Makan Asinan Rambutan?

Mari lihat bahan-bahan yang digunakan untuk membuat semangkuk asinan rambutan. Moms membutuhkan sekitar 15 buah rambutan, 5 cabai rawit, 3 cabai merah keriting, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam, 2 buah jeruk nipis, dan 1 gelas air.

Setelah melihat bahan-bahan tersebut, terbayang sudah sensasi pedas dan asam yang pekat dan dominan. Moms harus ingat, kalau pencernaan ibu hamil lebih sensitif, sedikit saja asam dan pedas bisa memicu heartburn atau sensasi seperti terbakar di dada. Namun beda orang, tentu beda pula ketahanan tubuhnya dalam menoleransi rasa pedas dan asam ini, termasuk saat hamil.

Maka sebelum ibu hamil mengonsumsi asinan rambutan, kenali batas tubuh Anda dalam menikmati makanan pedas dan asam. Jangan sampai saking asyiknya makan asinan rambutan, tak terasa perut langsung melilit dan heartburn pun menyerang. Anda juga perlu lebih bijak dalam mengonsumsi makanan seperti ini, jangan sampai berlebihan ya, Moms.

Manfaat Rambutan untuk Kehamilan

Mengutip Mom Junction, rambutan mengandung 69 kkal, 140 mg potasium, 15 mg kalsium, 10 mg magnesium, 2 mg sodium, dan 0,1-2,5 mg zat besi. Dalam 100 gram daging rambutan juga terdapat 2,8 gram serat pangan dan 70 mg vitamin C yang membantu tubuh bumil menyerap zat besi pangan. Dengan kata lain, manfaat rambutan untuk kehamilan adalah:

• Meningkatkan imunitas dan melawan beberapa penyakit karena rambutan mengandung vitamin C sebagai antioksidan alami.



• Meredakan mual, karena rasanya yang manis asam segar bisa membantu menghilangkan morning sickness dan pusing saat hamil.

• Membantu melancarkan pencernaan karena rambutan mengandung serat pangan.

• Meningkatkan hemoglobin dan meredakan lelah berkat kandungan zat besi dalam rambutan.

• Kandungan kalsiumnya membantu menjaga kesehatan tulang dan otot bumil.

Cukup banyak ya, manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh bumil. Moms boleh kok, menikmati kreasi asinan rambutan, namun pastikan semuanya bersih dan jangan dikonsumsi terlalu banyak, ya. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: rambutan,   ngidam,   kehamilan,   nutrisi,   ibu hamil