Mother&Baby Indonesia
Manfaat Ibu Hamil Berendam di Larutan Garam Epsom

Manfaat Ibu Hamil Berendam di Larutan Garam Epsom

Selama kehamilan, banyaknya perubahan yang terjadi membuat Moms sering merasa tidak nyaman, ya. Tak hanya mood yang naik turun, tetapi juga bagian tubuh yang tampak berbeda hingga membengkak akibat meningkatnya kadar hormon.

Gangguan-gangguan tersebut bisa diatasi dengan berendam, dari meredakan bengkak sampai membuat tubuh menjadi lebih relaks. Selain dengan air hangat, Moms juga bisa menambahkan epsom salt atau garam epsom yang berasal dari Inggris.

Cara Berendam yang Tepat

Moms bisa menggunakan bathtub untuk merendam seluruh tubuh atau ember jika hanya ingin merendam bagian kaki saja. Isi bak atau ember dengan air hangat, dengan suhu sekitar 37,5-38 derajat Celsius. lalu, masukkan garam epsom sebanyak 1-2 sendok makan dan campur.



Moms bisa berendam selama 12-15 menit saja, sebab jika terlalu lama dan jumlah garam terlalu banyak, bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Agar aman, pilih garam epsom murni yang tidak mengandung minyak, pewarna atau pewangi untuk menghindari risiko alergi atau iritasi kulit.

Garam epsom sendiri memang baik untuk dijadikan campuran air berendam, tapi tidak untuk dikonsumsi. Mengonsumsi garam epsom dapat menyebabkan kontraksi usus dan memicu komplikasi tertentu. Jadi sebelum berendam dengan garam epsom, sebaiknya Moms berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.

Manfaat Berendam untuk Bumil


Jika Moms rutin berendam dengan garam epsom, tubuh memang bisa menjadi lebih rileks dan meredakan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti kaki atau jari-jari tangan Anda. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa bumil dapatkan dengan aktivitas ini, di antaranya:

1. Mengoptimalkan Penyerapan Magnesium

Menurut beberapa ahli, berendam dengan garam epsom bisa memaksimalkan penyerapan magnesium. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan otot, terutama bagi ibu hami. “Pada sampel yang menggunakan hewan, kekurangan magnesium dapat membuat terjadinya peradangan. Berendam dengan garam epsom bisa meningkatkan asupan magnesium sehingga mengurangi peradangan,” tambah Carolyn Dean, MD, ND, ahli magnesium dan anggota Dewan Penasehat Medis dari Nutritional Magnesium Association.

2. Mengurangi stres

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan memang bisa membuat Moms rentan mengalami stres. Seperti disebutkan di atas, bahwa berendam dengan garam epson bisa meredakan rasa tertekan, sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.



Hal ini dikarenakan magnesium dalam garam epsom dapat menghasilkan hormon serotonin dan melatonin lebih banyak yang bekerja sebagai antidepresan alami. Kedua hormon inilah yang menjaga mood ibu hamil lebih stabil, pikiran lebih tenang, dan kualitas tidur juga menjadi baik.

3. Meredakan kelelahan

Setelah beraktivitas seharian, Moms tentu merasa kelelahan. Berendam dengan garam epsom dipercaya mampu mengatasi rasa lelah secara efektif, dan membuat Moms menjadi lebih segar dan tenang, tidur pun jadi lebih nyenyak.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Menggunakan garam epsom untuk berendam ternyata juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan mulus. Hal ini tentu baik untuk ibu hamil, karena peningkatan hormon bisa mengubah kondisi kulit. Namun, jangan terlalu sering dan terlalu lama berendam, karena dapat membuat kulit menjadi kering.

5. Meredakan nyeri otot

Sejak hamil, Moms jadi rentan mengalami nyeri otot dan sendi, sakit pada punggung, hingga kram kaki. Berendam air yang dicampur garam epsom bisa meredakan rasa tidak nyaman akibat hal-hal tersebut. Hal ini juga diperjelas pada buku Modern Hydrotherapy for the Massage Therapist yang ditulis Marybetts Sinclair.

“Mandi atau berendam dalam larutan air garam epsom sangat bermanfaat untuk mengatasi edema, seperti pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tangan, atau pun pergelangan tangan akibat dari peningkatan cairan tubuh saat hamil,” jelasnya. Namun, sebenarnya belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efekivitas garam epsom terkait hal tersebut.

Meski begitu, tak ada salahnya untuk Anda mulai membiasakan berendam dengan garam epsom. Selamat mencoba, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: kehamilan,   ibu hamil,   relaksasi,   garam epsom










Cover Mei-Juni-Juli 2020