Mother&Baby Indonesia
Mitos Hamil Anak Perempuan, Bagaimana Faktanya?

Mitos Hamil Anak Perempuan, Bagaimana Faktanya?

Saat teknologi USG belum mudah didapat seperti saat ini, mitos-mitos seputar jenis kelamin anak di perut bumil tentu kuat beredar. Beda jenis kelamin, beda pula mitosnya. Apakah mitos-mitos tersebut benar? Ketahui fakta dari beberapa mitos seputar hamil anak perempuan yang paling sering beredar yuk, Moms!

Suka Makan Manis

Banyak yang bilang, ibu yang mengandung bayi perempuan jadi lebih suka mengonsumsi makanan manis. Faktanya? Tentu saja ini tidak benar ya, Moms. Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil memang turut memengaruhi indra pengecap, namun bukan berarti jenis kelamin memengaruhi rasa favorit Anda lho, Moms.

Apa pun mitosnya, membatasi makanan atau minuman manis saat hamil harus Anda lakukan, karena selain memengaruhi berat badan, gula berlebih juga meningkatkan risiko diabetes kehamilan.



Sering Dandan

Ibu yang hamil anak perempuan lebih sering dandan, sedangkan yang hamil anak laki-laki jadi malas dandan. Sering dengar mitos ini? Tentu saja kesukaan Anda untuk merias wajah tidak ada hubungannya dengan prediksi jenis kelamin janin, Moms.

Pada dasarnya, perubahan hormon kehamilan mungkin membuat kulit bumil menjadi lebih kusam. Sebagai wanita, sedikit merias wajah agar lebih percaya diri menjalankan kehamilan, tak ada salahnya, kan? 

Perut Bulat

Faktanya, jenis kelamin janin tidak bisa diprediksi dengan bentuk perut ibu. Jadi jangan percaya jika ada yang bilang perut bulat hamil anak perempuan, dan perut memanjang hamil anak laki-laki. Di zaman serba canggih seperti saat ini, cara terbaik untuk mengetahui jenis kelamin bayi tentu saja dengan melakukan USG ya, Moms.



Kulit Glowing

Kalau hamil anak laki-laki, kulit ibu jadi kusam. Sedangkan kalau hamil anak perempuan, kulit ibu jadi berkilau atau glowing. Sekali lagi, perubahan kulit saat hamil dipengaruhi oleh hormon-hormon kehamilan dan meningkatnya volume darah, bukan jenis kelamin janin.

Namun kalau dibilang kulit ibu hamil lebih glowing (apa pun jenis kelamin bayinya), sepertinya ini ada benarnya, Moms. Peningkatan volume darah kerap membuat kulit ibu terlihat lebih cerah. Hal ini sering disebut sebagai pregnancy glow yang membuat bumil semakin sedap dipandang.

Mood Swing

Ibu hamil anak perempuan sering dibilang mudah marah, tersinggung, menangis, hingga depresi. Semua perubahan suasana hati mendadak itu sering disebut mood swing, yang memang normal terjadi saat hamil. 

Pada ibu hamil anak perempuan, kadar estrogen di tubuh mereka turut meningkat, yang mengakibatkan mood swing memang lebih rentan terjadi. Namun bukan berarti ibu yang hamil anak laki-laki tidak bisa mengalami mood swing. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: mitos fakta,   kehamilan,   hamil anak perempuan