Mother&Baby Indonesia
7 Bagian Tubuh yang Sering Bengkak saat Hamil

7 Bagian Tubuh yang Sering Bengkak saat Hamil

Salah satu keluhan kehamilan yang cukup sering terjadi adalah kaki bengkak. Namun ternyata, tak hanya kaki yang sering mengalami bengkak saat hamil, beberapa bagian tubuh lainnya juga kerap bengkak.

Perlukah ini dikhawatirkan? Jangan panik berlebih, Moms, karena bagian tubuh membengkak saat hamil termasuk normal dan umum terjadi, kok. Nah, agar bumil tak bingung dengan bengkaknya beberapa bagian tubuh Anda, yuk ketahui bagian tubuh mana saja yang paling sering bengkak saat hamil.

1. Kaki 

Ini mungkin bagian tubuh yang paling sering mengalami bengkak saat hamil ya, Moms. Bengkak pada kaki lebih sering menyerang area mata kaki hingga telapak kaki. “Rahim yang terus membesar akan menekan pembuluh darah dan sel-sel limpatik yang bertugas untuk mengembalikan darah ke sirkulasi,” jelas dokter Kameelah Phillips, M.D, seorang dokter obgyn, pada Parents.



Untuk mencegah gangguan ini, Moms bisa coba kenakan alas kaki yang nyaman, rutin mengistirahatkan kaki, dan tinggikan kaki Anda jika bengkak sudah mulai terjadi.

2. Bibir dan Hidung

“Hidung mudah bengkak saat hamil atau merasa mampat karena pembuluh-pembuluh kecil di sinus mengembang seiring dengan meningkatnya darah dan cairan tubuh saat hamil,” ujar dokter Kameelah. Tak jarang, kondisi ini menyebabkan ibu hamil mudah mimisan. Jika ibu hamil sering mengalami mimisan, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda ya, Moms. 

Penyebab yang sama juga terjadi pada bibir bumil, yang kerap menebal dan membengkak saat hamil. Jika ini mengganggu Anda, kompres dengan es atau air dingin akan membantu meredakan bengkak di bibir.

3. Gusi

Gusi ibu hamil jauh lebih sensitif dibanding ketika tidak hamil, tentunya ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan cairan dalam tubuh, Moms. Gusi sensitif membuat ibu hamil rentan mengalami radang gusi dan masalah mulut, yang jika dibiarkan bisa berakibat fatal untuk kesehatan janin lho, Moms. Jika ibu hamil radang gusi, konsultasikan ke dokter, ya.

4. Mata

Sebenarnya semua bagian di wajah bisa dengan mudah bengkak saat hamil, termasuk mata, terutama di bagian lingkaran hitam di bawah mata. Kondisi ini bisa semakin parah jika ibu hamil mengalami insomnia karena beberapa keluhan kehamilan membuat Anda jadi sulit tidur lelap.



Namun ini tidak berbahaya kok, Moms, hanya memang akan mengganggu penampilan saja. Untuk meredakannya, Moms bisa mengompres mata dengan es atau air dingin setiap kali mata terasa tebal.

5. Payudara dan Puting

Persiapan menyusui Si Kecil mulai terjadi sejak Anda memasuki trimester kedua, dan saat itulah payudara juga puting Anda terasa membengkak. Semua terasa lebih sensitif sekarang, dan ukuran payudara Anda mungkin akan membesar.

Gunakanlah bra yang nyaman untuk payudara bumil yang sedang sensitif. Ya, benar, ini waktunya berbaik hati pada diri sendiri untuk membeli beberapa bra baru yang bisa Anda gunakan hingga masa menyusui nanti.

6. Jari

Tak hanya jari kaki, jari tangan dan pergelangan tangan ibu hamil pun bisa ikut membengkak. Ini semua terjadi karena aliran darah ibu hamil yang semakin deras dan cairan tubuhnya meningkat pesat. Jari dan pergelangan tangan yang membengkak bisa membuat Anda merasa kebas, sulit digerakkan, hingga nyeri kesemutan.

Untuk mencegahnya, coba kurangi konsumsi garam harian Anda, dan lepas cincin Anda sekarang juga sebelum bengkak membuat cincin jadi sulit dilepas dari jari Anda.

7. Vagina

Ya, area vagina Anda juga bisa bengkak dan menjadi lebih sensitif saat hamil lho, Moms. Ini umumnya mulai terjadi ketika kehamilan memasuki trimester dua dan tiga. Nah, ini juga yang membuat hubungan intim saat hamil terasa lebih menyenangkan! Jadi, tak semua bengkak menjadi gangguan kan, bumil? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: hamil,   kehamilan,   ibu hamil,   bengkak saat hamil,   gangguan kehamilan