Mother&Baby Indonesia
5 Cara Alami yang Aman untuk Mengurangi Nafsu Makan

5 Cara Alami yang Aman untuk Mengurangi Nafsu Makan

Menjaga berat badan tetap ideal memang perkara yang susah-susah gampang ya, Moms. Umumnya, trik yang sering kita lakukan adalah dengan membatasi asupan makanan. Masalahnya, semakin Anda mengurangi asupan makanan, semakin Anda malah merasa lebih lapar. Alhasil, tidak jarang Anda pun sulit mengontrol keinginan untuk makan berlebih.

Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin Moms bisa mengalami lonjakan kenaikan berat badan, dan berat badan ideal hanya tinggal impian semata. Butuh cara yang tepat untuk menekan nafsu makan secara alami. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nafsu makan yang aman.

1. Perbanyak konsumsi makanan kaya serat

Bukan cuma baik untuk sistem pencernaan kita, kandungan serat dalam makanan juga akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga makanan yang kaya serat cocok untuk menekan nafsu makan Anda. Penelitian yang dipublikasi dalam Nutrition Reviews mengungkapkan bahwa menambahkan 14 gram serat per hari bisa menekan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori hingga 10%.



Makanan berserat seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan akan memperlambat pengosongan lambung dan membantu pelepasan hormon yang menimbulkan rasa kenyang. Selain itu, makanan kaya serat juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Perbanyak minum air putih

Berbagai penelitian menyatakan bahwa membiasakan diri untuk sering minum air putih dapat menekan rasa lapar sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebih. Dikutip dari Kompas.com, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine mengamati nafsu makan pada 50 wanita yang kelebihan berat badan. Hasilnya, minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu menyebabkan penurunan nafsu makan dan berat badan.

Selain itu, terkadang tubuh bisa salah mengartikan sinyal dari otak, saat Anda merasa ingin makan, bisa saja itu sebenarnya adalah perasaan haus. Banyak orang mengungkapkan bahwa keinginan mereka untuk makan hilang setelah minum air putih. Jadi, jika muncul keinginan untuk makan, cobalah minum air dan tunggu hingga beberapa menit. Jika keinginan tersebut hilang, berarti tubuh Anda haus dan perlu air, bukan makanan.

3. Konsumsi makanan dengan perlahan

Melansir Alodokter, Saat sedang makan, diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk memunculkan sensasi rasa kenyang. Jika Anda makan secara perlahan, maka hal tersebut akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal bahwa Anda sudah kenyang sembari membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi asupan kalori yang masuk sekaligus mengendalikan nafsu makan.



4. Berolahraga

Rutin berolahraga bisa membantu tubuh menahan nafsu makan, karena dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar. Olahraga seperti jogging, renang, dan bersepeda mampu memengaruhi hormon yang memengaruhi nafsu makan.

Dilansir dari ScienceDaily, berlari di atas treadmill selama 60 menit mampu menekan pelepasan hormon ghrelin yang bisa memicu rasa lapar. Selain itu, peptida YY juga lebih banyak dilepaskan ke dalam darah sehingga nafsu makan berkurang secara signifikan.

5. Mengurangi stres

Makanan sering kita jadikan ‘hiburan’ saat sedang dalam keadaan tertekan. Dan yang lebih parahnya, makanan yang kita pilih di saat seperti itu adalah makanan yang tinggi kalori, manis, atau berlemak tinggi.

Nah, salah satu cara alami untuk mengurangi nafsu makan adalah dengan menghindari stres dan mengelola stres dengan baik. Anda bisa istirahat sejenak, melakukan latihan pernapasan, meditasi, atau yoga, untuk mengatasi stres. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: kesehatan,   nafsu makan,   mengurangi nafsu makan