Mother&Baby Indonesia
Cocok untuk Diet, Ini 5 Buah yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Cocok untuk Diet, Ini 5 Buah yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Selain sayuran, buah menjadi salah satu sumber vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari guna memperoleh berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Mengonsumsi buah juga kerap direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah mengandung banyak serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jadi jika Moms sedang diet, Anda bisa makan buah-buahan berikut ini yang akan bisa membuat Anda kenyang lebih lama, Moms.

1. Alpukat

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal mengungkapkan fakta bahwa makan setengah buah alpukat di siang hari bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Penelitian itu juga menyebutkan bahwa 22% wanita yang mengonsumsi alpukat saat makan siang merasa lebih kenyang dan sebesar 24% merasa keinginannya menurun untuk makan setelah 3 jam daripada wanita yang tidak mengonsumsi alpukat.



Alpukat mengandung 13,5 gram serat per buahnya. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang tentu baik untuk tubuh. Makanan yang tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga rasa lapar akan datang lebih lama. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Selain harganya yang sangat terjangkau, pisang juga mengandung banyak gizi. Umumnya, pisang kerap disajikan setelah makan dan dijadikan sebagai buah pencuci mulut yang menyehatkan.

Mengonsumsi pisang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama lho, Moms, karena kandungan serat pisang cukup tinggi, sebanyak 3,1 gram per buah. Jadi, jika Moms sedang menjalani program diet, masukkan pisang sebagai salah satu menu harian Anda, ya!



3. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin makan apel, sebaiknya makanlah beserta kulitnya, karena kulit apel mengandung tinggi serat dan fitokimia yang bermanfaat untuk tubuh. Memakan 1 buah apel berukuran sedang beserta kulitnya sama dengan mengonsumsi serat sebanyak 4,4 gram.

Jika Moms sedang diet, cobalah mengonsumsi apel terlebih dulu setengah jam sebelum Anda makan. Ini akan membantu Anda untuk makan lebih sedikit, seperti diungkapkan oleh Debra Wein, RD, Presiden Wellness Workdays, “Serat dan air dari apel akan membuat Anda kenyang, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.”

4. Pir

Pir juga kaya akan serat, sehingga bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Seperti halnya apel, pir juga mengandung 4,4 gram serat dalam setiap buahnya. Serat dalam pir juga bermanfaat untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan, mengatur kolesterol, serta menjaga kesehatan usus besar dan halus. Pir bisa jadi alternatif pilihan buat Moms jika bosan mengonsumsi apel. Rasanya pun juga jauh lebih menyegarkan dibandingkan apel.

5. Raspberry

Raspberry merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Satu gelas raspberry mengandung sekitar 8 gram serat atau setara dengan 1/3 kebutuhan serat Anda per hari. Menurut sebuah penelitian, konsumsi raspberry bisa meningkatkan leptin, hormon yang membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain kaya serat, raspberry juga kaya akan antioksidan dan vitamin C yang tentunya sangat bermanfaat buat tubuh. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   buah,   diet,