Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Pria Lebih Cepat Tertidur Setelah Bercinta

Ini Alasan Pria Lebih Cepat Tertidur Setelah Bercinta

Moms, apa yang Anda dan pasangan lakukan setelah berhubungan intim, saling berpelukan mesra atau mengobrol ringan dan bercanda? Sayangnya, Dads lebih sering langsung tertidur lelap usai berhubungan seks, meninggalkan Anda sendirian dan membuat Anda jadi kesal. Namun, Anda tidak sendirian, kok. Banyak wanita yang juga mengeluhkan hal yang sama.

Sebenarnya, hal tersebut bukanlah tanda negatif dari sebuah hubungan suami istri, Moms. Tidak ada juga kaitannya dengan rasa cinta maupun performance Anda di atas ranjang. Mengutip laman Reader’s Digest, pria memang punya kebiasaan untuk langsung tertidur usai berhubungan seks. Tapi ternyata, ada sejumlah penjelasan ilmiah yang menyebabkan hal ini terjadi, Moms. Apa saja itu?

1. Akivitas Seks Melelahkan secara Fisik

Ya, aktivitas seks cenderung melelahkan secara fisik, terutama bagi pria daripada wanita. Mark Leyner dan Billy Goldberg, M.D., penulis buku Why Do Men Fall Asleep After Sex? menjelaskan bahwa pengerahan tenaga saat berhubungan seks, terutama setelah mencapai klimaks, akan menguras habis glikogen penghasil energi yang ada dalam otot.

Pria sendiri memiliki lebih banyak massa otot daripada wanita, sehingga ia menjadi lebih lelah setelah berhubungan seks. Sebaliknya, karena wanita memiliki lebih sedikit massa otot, mereka tidak merasa terlalu lelah setelah berhubungan seks.

2. Adanya Perubahan Hormon

“Saat seorang pria mencapai orgasme, ia akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya,” jelas David McKenzie, terapis seks asal Kanada. Setelah berhubungan seks, tubuh pria memproduksi hormon prolaktin, tubuh wanita juga sebenarnya, namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit.

Menurut McKenzie, prolaktin merupakan faktor lainnya yang menjadi alasan pria lebih cepat tidur setelah seks. Pasalnya, saat prolaktin dilepaskan, hal ini akan membuat tubuh terasa lelah. Prolaktin dipercaya meringankan gairah seksual setelah orgasme dan melepaskan pikiran dari seks.

3. Aktivitas Seks Membuat Rileks

Seks juga membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini membantu menghilangkan kecemasan dan pikiran stres, sehingga membuat pria menjadi rileks dan bisa langsung tertidur. Dan jika Anda dan pasangan melakukan hubungan seks dalam keadaan gelap atau lampu dipadamkan, kegelapan akan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur dan hormon melatonin pada tubuh pria akan memulai siklus tidur.

Saat prolaktin, oksitosin, dan melatonin muncul secara bersamaan, ketiga hormon tersebut sama ampuhnya dengan pil tidur yang kuat, sehingga tak butuh waktu lama buat pasangan Anda langsung tertidur usai bercinta, Moms.

Meskipun begitu, Roger R. Hock, psikolog dan pakar hubungan seksual asal Amerika Serikat,  berpendapat bahwa baik pria ataupun wanita bisa saja merasa mengantuk setelah berhubungan seks dengan pasangannya. Nah, agar bisa menghindari kesalahpahaman, komunikasikan dengan pasangan tentang apa yang Anda berdua inginkan setelah bercinta, sehingga hubungan Moms dan Dads bisa tetap awet dan mesra. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   seks,   suami istri