Mother&Baby Indonesia
Kenali Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital/e-Wallet

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital/e-Wallet

Moms, kecanggihan digital saat ini telah menghasilkan banyak hal, salah satunya adalah dompet digital. Dompet digital atau yang juga disebut e-wallet ini merupakan aplikasi di smartphone, yang menyimpan beragam informasi pribadi terkait pembelian online, termasuk nomor kartu kredit Anda, alamat penagihan, dan tanggal kedaluwarsa.

Singkatnya, e-wallet menjadi aplikasi yang biasa digunakan untuk berbagai transaksi, dari membayar jasa ojek online, pembelian makanan tanpa uang tunai, atau juga transfer uang antar akun dompet digital. Tak hanya itu, bahkan pembayaran listrik, air, dan pulsa pasca bayar juga bisa dilakukan menggunakan e-wallet.

Penggunaan dompet digital sendiri sering dianggap lebih aman, karena risiko penipuan yang lebih kecil dibandingkan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Sistem keamanannya tidak hanya dari kata sandi saat akan menggunakan aplikasi saja, tetapi juga dilengkapi dengan QR Code, Near-Field Communication (NFC), dan One-Time Password (OTP) pada setiap transaksi.



Rasanya dompet digital seperti OVO, DANA, SAKUKU, dan GO-PAY memang memiliki segudang manfaat bagi penggunanya ya, Moms. Namun, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dan perlu Anda ketahui agar uang yang tersimpan di dalamnya tetap aman. Penjelasan lengkapnya bisa Moms cari tahu di sini.

Kelebihan E-Wallet

Setidaknya, ada empat kelebihan dari dompet digital yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mudah dan Praktis

Moms pasti membawa smartphone saat bepergian. Dengan memiliki aplikasi e-wallet, pembayaran untuk apa saja hanya akan membutuhkan waktu beberapa detik. Caranya pun bisa dengan memindai QR Code toko atau memindai barcode lalu masukkan nominal yang harus dibayar.

Kecepatan transaksi ini pun tak hanya akan menguntungkan Anda sebagai pelanggan, tetapi juga pemilik toko karena mencegah antrean menjadi panjang, jadi, akan sangat menghemat waktu. Kemudahan transaksi ini juga membuat Anda jadi lebih puas saat berbelanja.

2. Keamanan Terjaga

Bagi Anda pengguna dompet digital, tak perlu khawatir, karena fitur keamanan menjadi yang paling utama. Diperlukan PIN atau kata sandi untuk melakukan transaksi apa pun. Detail mengenai kartu debit atau kredit pun tetap tersimpan dan tidak mudah diketahui, meski Anda kehilangan perangkat lama dan telah menggunakan perangkat baru.

3. Riwayat Transaksi Tercatat

Salah satu fitur penting dan sangat menguntungkan pada aplikasi e-wallet adalah setiap transaksi yang Anda lakukan akan tercatat secara berurutan. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk mencatat dan melacak setiap pengeluaran dan pemasukan langsung dari perangkat yang bisa dicek kapan saja.



4. Ragam Promo Menarik

Aplikasi dompet digital tak jarang juga menawarkan promo yang bisa dipakai pengguna dan tentunya sangat menguntungkan, mulai dari cashback, penambahan poin, sampai diskon besar-besaran, bisa Anda nikmati saat akan bertransaksi.


Kekurangan E-Wallet

Meski banyak kelebihan yang bisa didapat, ada beberapa kekurangan dari dompet digital yang perlu Moms ketahui, sebagai berikut:

1. Layanan Terbatas

Toko atau merchant yang menggunakan e-wallet sebagai sarana transaksi masih belum merata, khususnya di Indonesia. Jadi, tak jarang Moms masih memerlukan uang tunai untuk melakukan pembayaran, khususnya di toko kecil atau transfer melalui bank pada toko online yang tidak memiliki sistem pembayaran dengan dompet digital.

2. Tidak Bisa Diuangkan

Berbeda dengan penggunaan kartu debit atau kredit di mana Anda bisa melakukan tarik tunai, saldo pada dompet digital sayangnya tidak bisa diuangkan. Pengguna hanya bisa menggunakan uang dalam bentuk digital ini dengan transaksi bayar langsung pada toko atau transfer ke sesama pemilik aplikasi tersebut. Umumnya, aplikasi e-wallet juga memiliki batas maksimum saldo, yaitu sebesar Rp10.000.000.

Memang ada banyak kemudahan yang bisa didapat dengan menggunakan e-wallet atau dompet digital ini. Namun, pastikan juga Anda menggunakannya dengan bijak agar tak terjadi pengeluaran yang berlebihan, dan tetap utamakan kebutuhan prioritas keluarga ya, Moms. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan,   e-wallet,   dompet digital