Mother&Baby Indonesia
10 Tanda Pasangan Anda Melakukan Kecurangan Finansial

10 Tanda Pasangan Anda Melakukan Kecurangan Finansial

Salah satu kunci keharmonisan rumah tangga adalah keterbukaan satu sama lain. Bila pasangan Anda tidak terbuka atau justru merahasiakan sesuatu dari Anda, tentu rasa percaya Anda pada pasangan juga akan memudar.

Apalagi bila pasangan anda tidak terbuka soal masalah finansial atau bahkan melakukan kecurangan finansial. Bila hal ini terjadi, dikhawatirkan masalah ini akan menjadi awal kehancuran rumah tangga anda dan pasangan. Untuk mewaspadainya, Anda perlu tahu tanda-tanda bila pasangan Anda melakukan kecurangan finansial seperti berikut ini, Moms.

1. Pasangan membayar segala tagihan sendiri

Kecurangan finansial yang dilakukan pasangan Anda terlihat ketika ia berusaha membayar semua tagihan sendiri seolah itu merupakan tanggung jawabnya dan tidak ingin pasangannya mengetahui tentang keuangan keluarga.



2. Menolak membahas soal uang

Ketika Anda membicarakan soal uang pada pasangan Anda, ia akan menjadi sangat defensif atau menolak bahkan mengalihkan pembicaraan ke topik lain selain tentang keuangan keluarga.

3. Hilang kepercayaan pada pasangan

Kecurangan finansial yang terjadi dalam rumah tangga dapat membuat pasangan tidak lagi mempercayai pasangannya. Studi yang diterbitkan di Journal of Financial Therapy menunjukkan bahwa dari 414 orang responden, sebanyak 27 persen mengaku menyimpan rahasia soal keuangan dari pasangannya.

4. Sering adu argumentasi soal keuangan

Saat terjadi kecurangan finansial dalam kehidupan pernikahan Anda, mungkin Anda akan lebih sering beradu argumentasi soal keuangan dengan pasangan Anda.

5. Pasangan ketahuan berbohong soal keuangan

Ketika Anda sebelumnya telah mengetahui bahwa pasangan Anda telah berbohong soal keuangan, maka ini sudah menjadi pertanda bahwa ia melakukan kecurangan finansial pada pasangannya.



6. Anda memiliki intuisi yang kuat

Saat pasangan menutupi suatu hal dari Anda, terkadang Anda memiliki firasat yang kuat bahwa pasangan Anda tengah menyembunyikan sesuatu dari Anda, termasuk mengenai keuangan keluarga.

7. Pasangan berbohong soal keuangan pada orang lain

Bukan sekadar tak bersikap jujur atau terbuka soal keuangan pada pasangannya sendiri, bahkan pasangan Anda yang melakukan kecurangan finansial juga bisa berbohong pada orang lain tentang pengeluaran atau penghasilannya.

8. Balas dendam lewat pengeluaran

Ketika seseorang merasa dibohongi oleh pasangannya soal finansial, salah satu dari mereka atau bahkan keduanya akan mencoba untuk membalas dendam dengan melakukan pengeluaran, sederhana saja, misalnya dengan berbelanja barang yang disuka. Bahkan terkadang orang yang merasa dicurangi secara finansial oleh pasangannya akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membuktikan kemandiriannya.

9. Pasangan merahasiakan keuangan keluarga

Ketika Anda menemukan rekening bank rahasia atau hutang rahasia yang dimiliki pasangan, hal ini juga menjadi pertanda bahwa pasangan Anda telah melakukan kecurangan finansial dalam rumah tangga.

10. Kebiasaan pasangan tiba-tiba berubah

Ketika pasangan Anda melakukan kecurangan finansial, hal ini bisa membuat kebiasaan belanjanya berubah secara tiba-tiba, entah itu menjadi sangat boros, atau malah sebaliknya, menjadi sangat hemat. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   keuangan,   suami istri,   kecurangan finansial










Cover Mei-Juni-Juli 2020