Mother&Baby Indonesia
Komik PermataBankir Cilik, Ajak Anak Melek Literasi Keuangan

Komik PermataBankir Cilik, Ajak Anak Melek Literasi Keuangan

Menabung merupakan salah satu kebiasaan positif yang perlu Moms ajarkan pada Si Kecil sejak dini. Pasalnya, kebiasaan menabung memiliki beragam manfaat untuk anak, di antaranya Si Kecil bisa belajar mengatur keuangan sejak dini, belajar berhemat, membuatnya disiplin, dan dapat menghargai uang yang ia dapat.

Namun mengajarkan Si Kecil untuk menabung dan melek akan literasi keuangan tidaklah mudah. Moms perlu menggunakan cara yang tepat dan menyenangkan untuk bisa menyampaikan wawasan seputar keuangan pada anak-anak. Salah satu cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengedukasi Si Kecil tentang keuangan adalah lewat membaca komik yang pastinya akan menjadi aktivitas menyenangkan untuknya.

Ini Komik Literasi Keuangan yang Cocok untuk Si Kecil



Bila Moms bingung mencari bacaan komik untuk Si Kecil yang membahas seputar keuangan, Anda bisa mengajak Si Kecil untuk membaca komik karya para PermataBankir Cilik, yaitu Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik yang baru saja rilis pada 27 Juli 2020 lalu.


Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik ini merupakan komik literasi keuangan pertama di Indonesia yang ide ceritanya dibuat oleh anak-anak. Komik ini tercipta dari hasil workshop yang diterima para peserta program PermataBankir Cilik 2019 dari PermataBank selama tiga bulan sampai Desember 2019 lalu.

PermataBankir Cilik ini merupakan bagian dari inisiatif CSR PermataBank, PermataHati. Program ini merupakan edukasi literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya yang bertujuan untuk menginspirasi generasi muda untuk menjadi Duta Menabung.



Setelah para peserta melewati serangkaian kegiatan dan pembelajaran Modul Finansial (MoDal), mereka diminta untuk berkreasi membuat cerita dan menggambar komik bertemakan pengelolaan uang yang ditujukan kepada teman-teman sebaya, dan terpilihlah lima cerita yang dikaryakan menjadi sebuah ilustrasi Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik.

Bekerjasama dengan PiBo, sebuah platform digital library, modul literasi keuangan pun dapat dikembangkan dalam versi digital yang tak hanya dapat diakses oleh peserta PermataBankir Cilik, tetapi juga oleh masyarakat luas sehingga lebih kekinian dan ramah digital, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Saat peluncuran yang dilakukan secara virtual, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito, menyambut baik upaya PermataBank dalam merangkul lebih luas anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan mengenai keuangan dalam bentuk yang kreatif.


“Melalui komik ini diharapkan mereka akan lebih melek terhadap literasi keuangan sejak dini dan menjadi familiar dengan kesehariannya.” Ujarnya.

Saat ini karya komik terbaik dari Duta Menabung (sebutan bagi peserta PermataBankir Cilik) ini telah dirangkum dan dapat dinikmati oleh seluruh anak di Indonesia melalui Bacapibo.com.

So, Moms tunggu apalagi, yuk ajak Si Kecil melek keuangan dengan membaca Komik Literasi Keuangan Bankir Cilik. (Vonda Nabilla/SW/Dok. PermataBank)



Tags: komik,   belajar keuangan sejak dini,   manfaat menabung










Cover Mei-Juni-Juli 2020