Mother&Baby Indonesia
Tips Menggoreng agar Minyak Tidak Meletup

Tips Menggoreng agar Minyak Tidak Meletup

Ketika menggoreng, Moms mungkin pernah mengalami minyak goreng meletup-meletup, bahkan tak jarang Anda menjadi korban letupan minyak goreng tersebut. Minyak meletup yang mengenai kulit akan mengakibatkan tangan terasa perih, panas, dan melepuh. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini M&B telah merangkum tips menggoreng agar minyak tidak meletup.

1. Gunakan Wajan yang Benar-benar Kering 

Salah satu faktor penyebab minyak goreng meletup saat menggoreng adalah karena wajan atau penggorengan tidak benar-benar dalam keadaan kering. Letupan terjadi karena adanya perbedaan dua massa jenis antara minyak goreng dan air. Ketika dipanaskan minyak goreng memiliki permukaan yang lebih tinggi daripada air, sehingga ketika mencapai suhu panas yang tinggi akan terjadi letupan-letupan tidak terkontrol.

2. Mengatur Suhu Api Kompor

Guna menghindari letupan minyak goreng, penting buat Anda mengatur suhu api pada kompor. Pastikan suhu api tidak terlalu panas yang dapat memicu terjadinya letupan minyak goreng. Moms juga disarankan untuk memanaskan minyak goreng terlebih dahulu hingga mencapai suhu panas, lalu kurangi suhu api dalam keadaan kecil dan sedang. Setelah itu barulah Anda bisa mulai melakukan proses penggorengan, sehingga proses menggoreng menjadi lebih aman dan Anda terbebas dari letupan minyak goreng.



3. Gunakan Wajan yang Cukup Besar

Berikan ruang yang cukup untuk menggoreng dengan memilih wajan yang berukuran tepat dengan sisi yang lebih tinggi untuk membantu mencegah letupan minyak goreng.

4. Jangan Terlalu Sering Membolak-balikkan Makanan

Tidak sedikit orang yang kerap membolak-balikkan makanan karena tidak sabar menunggu makanan tersebut segera matang. Namun, cara ini tidak disarankan karena dapat memicu letupan minyak goreng yang tentu saja bisa membahayakan Anda, Moms.



5. Perhatikan Jumlah Minyak

Kenapa perlu memperhatikan jumlah minyak? Hal ini karena minyak nantinya akan naik ke permukaan akibat suhu panas, dan semakin banyak jumlah minyak, maka semakin mudah pula mengalami letupan yang mungkin bisa mengenai tubuh Anda. Tipsnya adalah jangan menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran wajan atau penggorengan.

6. Gunakan Bahan Lainnya untuk Mencegah Minyak Meletup

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan sebelumnya, ada satu cara lagi yang dapat Anda terapkan untuk mencegah minyak goreng meletup, yakni dengan menggunakan garam, jahe, dan tepung terigu sebagai bahan yang mampu mencegah minyak goreng meletup.

Pilih salah satu bahan tersebut, masukkan ke dalam wajan dengan minyak goreng yang sedang dipanaskan. Tunggu sekitar 1 atau 2 menit, kemudian Anda bisa memulai menggoreng tanpa perlu khawatir minyak goreng meletup. (Fariza Rahmadinna/SW/Dok. Senivpetro/Freepik)



Tags: keluarga,   menggoreng