Mother&Baby Indonesia
Jangan Dibuang! Ini Trik Menyelamatkan Masakan yang Keasinan

Jangan Dibuang! Ini Trik Menyelamatkan Masakan yang Keasinan

Sekilas, memasak terkesan sebagai pekerjaan yang mudah dilakukan. Tapi seringkali kenyataannya tidak seperti itu. Dibutuhkan naluri yang kuat dalam memasukkan bumbu-bumbu sehingga tercipta makanan yang memiliki cita rasa lezat.

Nah, bagi Moms yang baru mulai belajar memasak, Anda biasanya belum memiliki insting dalam menentukan takaran bumbu yang pas, khususnya garam. Alhasil, makanan pun menjadi terlalu asin. Tapi jangan langsung dibuang ya, Moms. Berikut adalah trik untuk menyelamatkan makanan yang keasinan.

1. Menambahkan Air

Menambahkan air memang menjadi solusi paling mudah saat masakan Anda terlalu asin. Namun tentu saja cara ini hanya bisa diaplikasikan untuk masakan berkuah seperti sup atau tumisan.



2. Tambahkan Kentang atau Tahu

Moms juga bisa menambahkan kentang atau tahu guna mengurangi rasa asin dalam masakan Anda. Pasalnya, kentang maupun tahu diyakini memiliki kemampuan menyerap rasa asin, manis, maupun asam.

3. Tambahkan Susu

Jika Moms memasak makanan yang mengandung produk olahan susu atau santan, Anda bisa menambahkan susu ke dalam masakan. Susu bisa menambah rasa lezat pada masakan dan menyelamatkan masakan Anda yang keasinan.



4. Tambahkan Gula dan Asam

Gula mengandung rasa manis yang bisa menyelamatkan masakan yang terlalu asin. Cara ini juga termasuk paling mudah dan bisa diaplikasikan ke hampir semua jenis makanan. Dengan menambahkan gula, rasa asin bukan hanya berkurang, tapi juga makanan akan menjadi lebih gurih. Jika ingin masakan asin terasa semakin segar, Anda bisa menambahkan perasan air lemon atau air asam.

5. Cuci Masakan

Jika rasa asin pada makanan sudah terlalu berlebihan, sebelum masakan benar-benar matang, Anda bisa mengurangi kuah pada masakan tersebut kemudian ditambahkan air yang baru. Jika tidak memungkinkan untuk ditambah air, cuci masakan yang keasinan dan bumbui lagi dengan bumbu yang baru.

6. Hidangkan Bersama Nasi

Jika makanan tidak terlalu asin. Anda bisa tetap menghidangkannya. Namun triknya, makan hidangan tersebut disertai nasi sehingga bisa mengurangi rasa asinnya. Terkadang makanan akan terasa lebih asin apabila dimakan tanpa nasi. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)



Tags: masakan keasinan