Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Tontonan yang Sesuai untuk Si Kecil

Tips Memilih Tontonan yang Sesuai untuk Si Kecil

Menonton tv merupakan salah satu kegiatan yang digemari anak guna mengisi waktu luangnya. Apalagi selama anak menjalani aktivitasnya di rumah seperti saat ini. Karena itu, tontonan anak yang tepat menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh orang tua.

“Banyaknya tayangan di televisi maupun konten layanan streaming video yang ada saat ini membuat Moms perlu cermat dalam memilih tontonan yang sesuai untuk anak. Tak hanya menghibur, tayangan yang ditonton Si Kecil juga sebaiknya bersifat edukatif dan memacu kreativitas anak,” ujar Saskhya Aulia Prima M.Psi, Psikolog Anak dari Tiga Generasi, saat InstaLive Mother&Baby yang dipersembahkan oleh Mola TV.

Kriteria Tontonan yang Sesuai untuk Anak

Akan tetapi, memilih tontonan yang sesuai untuk anak bukan perkara mudah. Untuk itu, Saskhya memberikan kriteria tontonan yang sesuai untuk Si Kecil berikut ini, Moms.



1. Durasi tontonan tidak terlalu panjang

Umumnya, balita akan mudah merasa bosan jika menyaksikan tayangan yang terlalu lama. Karena itu, pastikan tontonan yang dipilih tidak memiliki durasi yang terlalu panjang, agar Si Kecil tidak merasa bosan dan aktivitas menonton jadi menyenangkan buat anak, Moms.

2. Sesuai dengan waktu anak

Pilihlah tontonan sesuai dengan waktu dan kondisi anak. Misalnya, hindari menonton menjelang waktu tidurnya. Jangan juga mengajak Si Kecil menonton saat ia tengah makan hanya agar ia bisa menghabiskan makanannya dengan cepat. Sebaiknya berikan Si Kecil tontonan saat ia dalam kondisi tenang dan rileks.

3. Tontonan berdampak positif buat anak

Pastikan Moms memilih acara tv yang memberikan dampak positif pada Si Kecil, bersifat edukatif, dan memacu kreativitas anak. Tontonan yang baik adalah yang bisa diikuti dengan mudah oleh anak, serta membantu perkembangan dan kecerdasannya. Moms bisa berikan tontonan yang interaktif, di mana Si Kecil bisa mengikuti aktivitas yang ada dalam tontonan tersebut, seperti menyanyi dan menari, atau menjawab pertanyaan-pertanyaan.

4. Tontonan memiliki nilai-nilai yang baik

Tayangan di tv merupakan salah satu media untuk anak belajar. Untuk itu, penting buat Moms memperhatikan konten atau isi cerita, karena balita umumnya punya rasa ingin tahu dan daya imajinasi tinggi, namun ia belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Misalnya, pastikan tontonan buat Si Kecil tidak mengandung kekerasan. Moms tentu tidak mau Si Kecil meniru adegan buruk yang ia tonton, kan?



5. Orang tua selalu dampingi anak menonton

Melalui tontonan, anak bisa belajar banyak hal secara efektif, mempelajari kata-kata, nama benda maupun gerakan-gerakan. Sayangnya, tidak semua tontonan menghadirkan tayangan yang berkualitas dan edukatif. Karena itu, Moms dan Dads sebaiknya selalu dampingi Si Kecil saat ia menonton. Selain bisa memantau apa yang ditonton anak, Anda juga bisa jadi teman menonton dan bermain serta belajar buat Si Kecil.

Tontonan Edukatif dan Menghibur dari Mola TV Kids

Salah satu pilihan tontonan yang bagus untuk anak adalah Mola TV Kids. Selain sangat edukatif dan menghibur, tayangan di Mola TV Kids sangat lengkap Moms, mulai dari preschool hingga teenager, misalnya Finding Stuff Out, Backyard Science, atau Kitchen Science.

Nah, saat ini sedang berlangsung Mola TV Backyard Science & Kitchen Science Challenge. Moms bisa ajak Si Kecil dan Dads untuk membuat video kreatif dengan memilih eksperimen dari program Kitchen Science atau Backyard Science yang ada di Mola TV kids. Akan ada hadiah sebesar 50 juta rupiah untuk video terbaik. Untuk info lengkap, Moms bisa langsung kunjungi instagram @molatv.kids.

Moms bisa menyaksikan Mola TV melalui berbagai sarana, seperti aplikasi mobile Mola TV dan website www.mola.tv. Selamat menikmati tontonan yang seru, edukatif, dan menghibur di Mola TV buat Anda dan Si Kecil, Moms! (M&B/SW/Dok. Freepik, Instagram @molatv.kids)



Tags: keluarga,   anak,   balita,   tontonan sesuai untuk anak,   mola tv










Cover Mei-Juni-Juli 2020