Mother&Baby Indonesia
10 Trik Mudah agar Moms Bisa Masak Seperti Chef Profesional

10 Trik Mudah agar Moms Bisa Masak Seperti Chef Profesional

Moms, selalu menyajikan hidangan sehat, lezat, dan menggiurkan ala restoran untuk keluarga tentunya merupakan impian setiap ibu, ya. Menyaksikan suami dan Si Kecil lahap menyantap makanan dan minuman yang Anda buat pasti merupakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri.

Tapi, bagaimana kalau Anda tak jago memasak? Tenang Moms, Anda tak perlu kok, mengikuti kursus masak dengan biaya selangit untuk mendapatkan hidangan lezat di meja makan. Moms juga bisa lho, membuat sajian masakan bak chef profesional hanya dengan mempraktikkan trik-trik sederhana dengan hasil luar biasa berikut ini.

1. Merebus Telur dengan Sempurna

Jika Moms ingin memasak telur setengah matang, didihkan air lalu rebus sekitar 6 menit. Sementara jika ingin telur benar-benar matang, rebus telur selama 10 menit.



2. Ayam Ekstra Empuk

Sebelum memasak ayam, bubuhi terlebih dahulu dengan campuran putih telur dan tepung kanji. Putih telur dan sedikit tepung kanji bisa membuat daging ayam tidak mudah gosong dan mengeras ketika dimasak, sehingga akan lebih empuk ketika sudah matang.

3. Salad Segar dan Renyah

Kadang daun selada yang Moms gunakan untuk membuat salad terlihat layu dan tidak segar karena sudah disimpan beberapa hari di dalam kulkas. Nah, untuk membuatnya tetap renyah, bungkus daun selada terlebih dahulu dengan handuk kertas sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Handuk kertas akan menyerap kelembapan yang dapat membuat daun selada layu.

Cara lain, gunakan garam untuk membuat salad makin renyah dan tidak terlalu berair. Sebelum menuangkan dressing, taburi buah dan sayur yang sudah dipotong kecil-kecil dengan garam secukupnya. Tunggu beberapa saat hingga salad mengeluarkan air, lalu buang air dari sayuran dan salad pun siap diberi dressing! Tenang Moms, salad tak akan terasa asin sama sekali kok, karena garam tadi sudah larut bersama air yang sudah Moms buang.

4. Pasta Lezat

Menurut para ahli, 85% pasta di seluruh dunia dimasak di dalam air asin, dan sisanya di dalam saus. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan garam pada air untuk merebus pasta ya, Moms. Satu lagi yang perlu Moms ingat, pasta akan terus ‘memasak’ ketika dimasukkan ke dalam saus saat dimasak kembali. Jadi, masaklah pasta kurang dari waktu yang diinstruksikan dalam resep atau kemaasan, ya. Hasilnya, pasta akan matang sempurna dan tidak akan terasa lengket. Hmm, al dente!

5. Tingkatkan Aroma dan Rasa Masakan

Sangat mudah untuk membuat masakan Anda jauh lebih beraroma dan terasa legit, Moms. Triknya adalah dengan memanggang atau menyangrai terlebih dulu bumbu rempah-rempah yang akan digunakan untuk memasak. Selain itu, Moms juga bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara agar teksturnya terasa renyah dan pas untuk digunakan sebagai topping.



6. Scramble Egg yang Creamy

Penasaran kenapa jika kita memesan telur orak-arik di restoran atau kafe, telur selalu terlihat creamy dan fluffy? Ternyata rahasianya adalah dengan menambahkan sedikit tepung tapioka, Moms! Tepung tapioka akan mencegah telur overcooked dan terlalu kering.

7. Mempertahankan Kesegaran Sayur

Ingin tumis sayuran Moms tetap renyah dengan warna hijau segar dan terasa lembut? Cukup rebus sayuran sebentar, lalu rendam ke dalam air es. Tiriskan, lalu siram sayuran dengan bumbu tumisan.

8. Steak ala Resto

Tidak sulit kok, untuk membuat steak lezat dengan tampilan sempurna seperti yang ada di restoran ternama, Moms. Caranya, panggang daging di dalam wajan anti lengket hingga mendesis, lalu selesaikan tahap memanggang di dalam oven dengan suhu 230 derajat Celsius. Cara ini akan membuat steak berkerak di luar dan daging matang sempurna di dalam.

9. Ikan Super Lembut

Gunakan teknik api kecil dan lambat saat memasak ikan dengan oven atau panci kukus untuk membuat daging ikan terasa lembut dan lezat. Jika ingin memanggang ikan, kebanyakan ikan hanya perlu 3-5 menit per sisi untuk matang. Jika Mom memiliki termometer daging, suhu internal sempurna untuk memanggang ikan adalah 145 derajat Celsius.

10. Masak Nasi dengan Air Kaldu

Sesekali, coba deh Moms, masak nasi dengan menanaknya menggunakan kaldu ayam atau daging. Nasi pun akan terasa seperti risotto atau nasi briyani, dan terasa sempurna untuk dipadukan dengan lauk apa pun.

Cukup mudah kan, Moms? Yuk, langsung coba trik ini hari ini dan siap-siap dipuji Dads dan Si Kecil, ya! (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   tips masak