Mother&Baby Indonesia
5 Bahan Alami Ampuh Bersihkan Noda dan Kerak di Kompor

5 Bahan Alami Ampuh Bersihkan Noda dan Kerak di Kompor

Hobi memasak di rumah, Moms? Memasak bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, menghidangkan makanan buat anggota keluarga Anda dan melihat mereka menyantap habis masakan Anda dengan perasaan senang. Tentu membahagiakan sekali melihatnya, bukan?

Namun, usai memasak, Moms mungkin juga akan kesal melihat kompor jadi kotor. Wajar saja, selama Anda memasak, kompor pasti terkena cipratan minyak dan bahan makanan lain. Nah, sisa-sisa makanan dan minyak kerap tertinggal di permukaan kompor.

Padahal, kebersihan kompor sangat penting, mengingat benda ini dipakai untuk mengolah makanan. Jangan biarkan kompor kotor serta menjadi sarang bagi kuman dan bakteri. Selain itu, jika terlalu lama didiamkan, kotoran dan noda pada kompor akan mengeras dan menjadi kerak, yang makin sulit untuk dihilangkan dan dibersihkan.



Tapi tak usah bingung membersihkan noda dan kotoran membandel yang mengerak di kompor Anda. Moms bisa bersihkan kompor secara rutin dan melenyapkan kerak yang menempel dengan bahan-bahan alami berikut ini, sehingga kompor Anda akan jadi kinclong kembali.

1. Air Panas

Pertama, Moms bisa coba gunakan air panas untuk menghilangkan noda dan kotoran membandel di kompor Anda. Caranya, lepas semua bagian-bagian kompor, seperti tatakan kompor, cover penutup, ring, dan kerangka kompor, kemudian taruh dan rendam bagian-bagian kompor di dalam air panas yang sudah Anda siapkan. Jika perlu, tuangkan juga larutan pencuci piring secukupnya. Diamkan beberapa saat, setelah itu sikat dan gosok komponen kompor hingga noda yang menempel jadi rontok.

2. Jeruk Nipis atau Cuka Apel

Kandungan asam dalam jeruk nipis dan cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan noda minyak yang membandel pada permukaan kompor. Cukup potong jeruk nipis jadi dua bagian dan gosok secara merata pada permukaan kompor. Untuk cuka apel, teteskan pada permukaan kompor secara merata. Setelah diberi jeruk nipis atau cuka apel, diamkan selama beberapa saat, lalu bersihkan menggunakan lap basah dan keringkan.

3. Cuka dan Garam

Anda juga bisa membersihkan kompor menggunakan campuran cuka dan garam. Kedua bahan ini mampu menghapus noda bandel yang menempel dan menjadi kerak di kompor. Untuk melakukannya, Moms lepas terlebih dulu bagian kompor yang ingin Anda bersihkan. Kemudian, siapkan satu sendok makan garam dan dua sendok makan cuka pada mangkuk kecil, lalu aduk hingga rata.



Setelah itu, oleskan campuran cuka dan garam pada kerak kompor, dan diamkan selama kurang lebih setengah jam. Jika sudah, gosok pelan-pelan hingga kerak lenyap, kemudian lap dengan kain yang dibasahi air hangat agar bagian kompor menjadi kinclong kembali.

4. Minuman Bersoda

Punya minuman bersoda di rumah? Kenapa tidak pakai saja minuman ini untuk membantu melenyapkan noda dan kerak yang ada di kompor? Ya, kandungan senyawa asam dalam minuman bersoda ampuh merontokkan kerak bahkan karat pada kompor, Moms.

Caranya, lepaskan bagian kompor yang sudah berkerak atau berkarat dan rendam pada wadah berisi minuman bersoda. Pastikan jumlah cairan minuman bersoda tersebut cukup banyak untuk merendam bagian kompor. Diamkan selama 1-2 jam, setelah itu angkat dan bersihkan dengan lap yang sudah direndam dengan air hangat.

5. Baking Soda dan Cuka

Moms juga bisa gunakan baking soda dan cuka untuk menghilangkan kerak yang menempel di kompor. Caranya, larutkan 2 sendok baking soda dengan 1 liter air. Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan seluruh bagian permukaan kompor, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, lap dengan kain basah dan diamkan hingga kering. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: keluarga,   kompor,   membersihkan kompor