Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Anda

7 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan Tubuh Anda

Salah satu cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Nah, quinoa bisa menjadi pilihan makanan sehat yang membantu membuat Anda tak mudah sakit. 

Quinoa bukan sekadar tren lho, Moms, sumber nutrisi yang satu ini memang terbukti ampuh memberikan berbagai manfaat bagi tubuh Anda. Mau tahu apa saja manfaat quinoa the superfood bagi kesehatan tubuh? Read on, Moms.

Menurunkan Kolesterol

Tak hanya ramah bagi Anda yang alergi gluten, quinoa juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Moms pasti sudah tahu kalau makanan dengan kandungan serat yang tinggi bisa membantu menyehatkan pencernaan, mengurangi kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik.



Moms juga harus tahu kalau quinoa merupakan jenis grains atau padi-padian yang memiliki kandungan serat pangan tertinggi.

Baik untuk Diet

Quinoa terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Nah, makanan seperti ini baik untuk diet lho, Moms. Quinoa yang tinggi serat juga membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak mudah lapar dan mengintai camilan tak sehat.

Anti Peradangan

Mengutip Healthline, beberapa molekul penting pada quinoa telah terbukti berperan sebagai antiinflamasi atau antiradang. Tak hanya itu, molekul ini juga disebut berperan sebagai antivirus, antikanker, dan antidepresan! Memang masih dibutuhkan penelitian lanjutan tentang ini, namun tak ada ruginya mengonsumsi quinoa lho, Moms.



Bebas Gluten

Bagi Moms yang alergi gluten atau ingin hidup lebih sehat dengan makanan bebas gluten, maka quinoa bisa menjadi pilihan terbaik. Superfood ini bebas gluten secara alami, sehingga memberikan manfaat nutrisi dan antioksidan yang lebih baik dibanding makanan bebas gluten buatan.

Kaya Protein dan Asam Amino

Protein terbuat dari 9 jenis asam amino penting, yang kemudian disebut dengan protein komplet. Sayangnya, banyak makanan yang mengandung protein tidak mengandung asam amino penting, seperti lysine. Pada quinoa, semua asam amino penting itu hadir dan menciptakan protein komplet. Jumlah protein komplet pada quinoa lebih tinggi dibanding jenis padi-padian dan biji-bijian lainnya lho, Moms. Jadi bagi Anda yang vegetarian, quinoa adalah solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Quinoa juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang terkenal baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi pernah menguak fakta bahwa quinoa efektif mencegah kerusakan pada pembuluh darah jantung dan mencegah berbagai jenis penyakit terkait jantung.

Mengontrol Gula Darah

Indeks glikemik diukur dari seberapa cepat makanan yang Anda konsumsi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Nah, mengonsumsi quinoa yang rendah indeks glikemiknya bisa membantu mengontrol gula darah agar tetap normal. Bagi Anda yang ingin mencoba diet rendah karbohidrat, quinoa bisa jadi pilihan enak dan tepat. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: quinoa,   makanan,   nutrisi,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020