Mother&Baby Indonesia
5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Kekinian yang Bikin Sehat

5 Manfaat Teh Kombucha, Minuman Kekinian yang Bikin Sehat

Anda pasti sudah sering mendengar kombucha, minuman kekinian yang diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, antibakteri, dan kaya akan antioksidan. Kombucha adalah teh fermentasi jamur yang proses pembuatannya menggunakan bantuan bakteri dan ragi.

Setelah diproses sekitar 1-2 minggu, kombucha akan menghasilkan minuman fermentasi bersoda yang menyegarkan. Rasanya sedikit asam manis, pas banget untuk menyegarkan momen seru Anda bersama orang-orang terdekat.

Selain enak dan rendah kalori, kombucha juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda lho, Moms. Ketahui berbagai manfaat kombucha berikut ini yuk, Moms.



Sumber Probiotik

Minuman fermentasi yang satu ini memang mengandung probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda. Beberapa jenis bakteri baik yang ada di dalam kombucha membantu meningkatkan daya tubuh Anda, pencernaan, mencegah peradangan, dan bahkan membantu menurunkan berat badan.

Sumber Aktioksidan

Mengutip Healthline, kombucha bisa memberikan kebaikan teh hijau lho, Moms. Seperti yang Anda ketahui, teh hijau adalah salah satu minuman tersehat karena kaya akan komponen bioaktif, seperti polifenol, yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh.

Mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa mengurangi lemak di perut, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Pembasmi Bakteri

Salah satu komponen yang digunakan untuk membuat kombucha adalah asam asetat, yang juga banyak ditemukan di cuka. Komponen ini mampu membunuh berbagai mikroorganisme yang mengancam kesehatan tubuh, sehingga tubuh Anda tidak mudah sakit.



Jika kombucha yang Anda buat menggunakan bahan dasar teh hitam atau teh hijau, maka manfaat antibakterinya bisa semakin meningkat, terutama dalam melawan bakteri penyebab infeksi.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang Anda tahu, penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Mengutip Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa kombucha bisa meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam 30 hari.

Lebih pentingnya lagi, kombucha dari teh hijau dapat melindungi partikel dalam kolesterol baik agar tidak mudah teroksidasi, sehingga fungsinya lebih optimal dalam melindungi Anda dari penyakit jantung.

Mencegah Kanker

Menurut sebuah studi, rutin mengonsumsi kombucha terbukti membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menguatkan hasil studi ini. Namun salah satu alasan kombucha bisa mencegah kanker adalah kandungan polifenol yang bisa menutup mutasi gen dan pertumbuhan sel kanker. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: kombucha,   teh,   nutrisi,   minuman,   kesehatan,   imunitas










Cover Mei-Juni-Juli 2020