Mother&Baby Indonesia
Deretan Produk yang Jadi Lebih Baik dengan Minyak Sawit

Deretan Produk yang Jadi Lebih Baik dengan Minyak Sawit

Moms, tahu enggak kalau minyak kelapa sawit merupakan bahan untuk membuat separuh dari semua produk yang Anda beli di supermarket? Hal ini dikarenakan karakteristik minyak kelapa sawit yang dapat membuat produk makanan menjadi halus dan lembut. Maka, tak heran bila selai yang Anda beli lebih mudah dioles dan es krim yang Anda makan terasa lembut.

Selain itu, penggunaan kelapa sawit sebagai bahan makanan juga bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit tertentu, karena secara alami minyak kelapa sawit bebas dari lemak trans berbahaya, yaitu sumber utama kolesterol tinggi dan berkaitan dengan penyakit jantung.



Anda juga tidak perlu khawatir soal rasa dari produk makanan, perawatan tubuh, atau produk lainnya yang menggunakan minyak kelapa sawit. Karena biasanya minyak kelapa sawit tidak berasa dan berbau. Melansir laman Smart-tbk.com, berikut ini produk-produk yang jadi lebih baik dengan minyak kelapa sawit:

1. Cokelat dan Selai Cokelat

Minyak kelapa sawit menjadi bahan sempurna untuk cokelat dan selai cokelat. Pasalnya secara alami minyak kelapa sawit tidak memiliki rasa dan tidak berbau, mudah dioleskan pada suhu ruangan, serta memiliki tekstur halus dan lembut. Penggunaan minyak kelapa sawit juga dapat mencegah cokelat mencair di cuaca panas lho, Moms!

2. Margarin dan Selai Mentega

Minyak kelapa sawit memiliki peran istimewa bagi margarin dan mentega oles, yaitu membuat keduanya lebih mudah dioleskan dan mencegah olesannya tercecer dari roti panggang Anda! Minyak kelapa sawit menjaga agar olesan kita terbebas dari lemak trans berbahaya, dapat langsung dioles saat keluar dari kulkas, serta cocok untuk kaum vegan maupun vegetarian.

3. Roti dan Kue

Menambahkan minyak kelapa sawit akan menghasilkan produk roti yang halus, kenyal, dan bertekstur, serta ramah bagi vegetarian. Hal ini dikarenakan shortening minyak kelapa sawit digunakan pada kue untuk meningkatkan kekenyalan, berat, kepadatan, dan tekstur roti. Minyak kelapa sawit memastikan bagian tengah roti tetap ringan dan halus sementara lapisan kulit luar berkembang karena padat pada suhu ruangan dan meleleh saat dipanggang dalam oven.

4. Kue Kering

Moms kesulitan meniru tekstur kue ideal dengan kombinasi renyah dan lembut seperti yang dibeli di toko? Gunakan minyak kelapa sawit agar kue kering buatan Anda terasa garing di luar namun lembut di dalam, dan bebas dari lemak trans yang berbahaya.



5. Mi Instan

Minyak kelapa sawit membuat mi mentah dapat dimasak dan dikeringkan serta disimpan terlebih dulu, sehingga yang perlu Moms lakukan hanyalah menambahkan air dan merebusnya hingga mendidih. Dengan minyak kelapa sawit, mi dapat dimasak dengan cepat.

6. Lipstik

Minyak kelapa sawit bisa menjadi bahan terbaik untuk membuat lipstik. Karena minyak ini bebas warna, rasa dan memiliki kemampuan menahan warna yang cukup baik, serta tidak akan meleleh pada suhu tubuh. Minyak kelapa sawit menjadikan lipstik mudah dipakai dan dihapus, serta mampu menahan warna yang mencolok dengan tekstur mengilap.

7. Sabun

Minyak kelapa sawit juga menjadi bahan ideal untuk sabun karena dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan lembap. Minyak kelapa sawit membuat sabun menjadi tidak licin saat diletakkan di tempat sabun, halus dan lentur, serta berwarna dan harum jika dipakai atau jernih dan sederhana saat dibiarkan.

8. Sampo

Minyak kelapa sawit adalah agen conditioning aktif yang ada di dalam banyak sampo. Jadi jika rambut Anda lembut dan halus, mungkin itu karena minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit bisa membuat rambut Anda bersih, segar, sehat, lembut dan halus, serta terbebas dari ujung rambut yang kering dan bercabang.

9. Detergen Laundry

Minyak kelapa sawit adalah zat yang digunakan untuk menghasilkan sodium lauryl sulfate, agen pembentuk busa efektif, yang dipakai dalam detergen untuk menjaga agar pakaian kita tetap bersih. Dengan minyak kelapa sawit, detergen dapat berbusa ketika terkena air, membersihkan pakaian Anda secara merata dan menyeluruh, serta membuat pakaian segar dan tidak berbau.

10. Biodiesel

Minyak kelapa sawit adalah bahan utama dalam sebagian besar biodiesel yang dimasukkan ke mobil kita. Biodiesel yang dihasilkan dari perkebunan yang maju dan dengan lahan gambut yang terlindung dengan baik membuat sistem transportasi kita menghasilkan lebih sedikit emisi yang mempengaruhi perubahan iklim, berkurangnya tingkat kerentanan terhadap perubahan harga bahan bakar fosil, serta merasakan manfaat dari mesin yang lebih bersih. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kelapa sawit,   minyak kelapa sawit,   nutrisi