Mother&Baby Indonesia
5 Trik Membuat Gorengan yang Sehat untuk Keluarga Anda

5 Trik Membuat Gorengan yang Sehat untuk Keluarga Anda

Moms, apakah Anda dan keluarga pecinta gorengan dan suka dengan aneka makanan yang digoreng? Ya, gorengan memang menjadi salah satu jenis makanan yang digemari oleh banyak orang. Namun sayangnya, gorengan termasuk kategori makanan tak sehat karena mengandung lemak trans akibat pengolahannya dengan minyak goreng sehingga patut dihindari.

Selain itu, kandungan nutrisi makanan yang diolah dengan cara digoreng biasanya akan berkurang dan bahkan bisa menimbulkan penyakit jika cara mengolah dan memasaknya salah. Tapi tidak perlu khawatir, Moms. Anda masih bisa tetap menciptakan sajian gorengan yang sehat dan aman untuk dinikmati oleh keluarga Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat gorengan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi, Moms.



1. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu pilihan terbaik dan menyehatkan saat digunakan untuk menggoreng makanan. Dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak zaitun lebih stabil pada suhu tinggi, sehingga bisa digunakan untuk menggoreng sambil menjaga kualitas dan nutrisi makanan tersebut agar tidak berkurang. Jenis minyak zaitun yang paling sering direkomendasikan adalah virgin atau extra virgin yang menunjukkan terdapat lebih sedikit zat kimia dalam ekstraksinya.

2. Pakai Minyak yang Masih Baru atau Jernih

Pakailah minyak yang masih baru atau masih jernih untuk menggoreng, Moms. Memakai minyak yang masih baru atau masih jernih bisa membuat makanan tetap lezat dan menjaga nutrisi di dalam makanan tetap ada dan tidak hilang. Moms juga perlu membuang kotoran atau sisa makanan yang ada di minyak agar nutrisinya tetap terjaga dengan baik.

3. Gunakan Tepung yang Tepat

Kebanyakan Moms umumnya memakai tepung terigu serbaguna sebagai pilihan untuk membuat adonan gorengan. Tepung jenis ini memang bisa lengket dengan sempurna di makanan. Walaupun begitu, kandungan gluten dalam tepung terigu bisa membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak sehingga gorengan buatan Anda akan mengandung lebih banyak lemak.



Sebagai gantinya, Moms bisa gunakan tepung bebas gluten seperti tepung beras atau tepung jagung. Menggunakan tepung yang tepat akan membuat gorengan jadi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

4. Tambahkan Baking Soda dalam Adonan Tepung

Untuk membuat gorengan yang menyehatkan, Moms bisa menambahkan baking soda ke dalam adonan tepung. Selain bisa membuat gorengan jadi semakin renyah, penambahan baking soda juga bisa melepaskan gelembung-gelembung gas pada makanan saat digoreng sehingga mengurangi penyerapan minyak dan membuat gorengan Anda tentunya jadi lebih sehat, Moms.

5. Perhatikan Suhu Minyak Goreng

Saat menggoreng, pastikan minyak sudah cukup panas. Suhu ideal untuk menggoreng adalah sekitar 150-200 derajat Celsius. Menjaga dan memperhatikan suhu minyak goreng merupakan cara untuk membuat makanan lebih sehat. Jika minyak goreng tidak cukup panas, akan butuh waktu lama untuk menggoreng sehingga makanan menyerap lebih banyak minyak dan jadi kurang renyah. Sebaliknya, jika terlalu panas, makanan bisa jadi gosong dan membuatnya jadi tak lezat juga tak sehat.

Setelah selesai digoreng, tiriskan dulu makanan dengan saringan untuk mengurangi minyak yang menempel. Anda juga bisa taruh gorengan di atas tisu dapur yang akan menyerap minyak berlebih pada gorengan. Setelah itu, Moms bisa sajikan gorengan untuk keluarga dan santap selagi hangat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   gorengan,   gorengan sehat,   keluarga,   kesehatan