Mother&Baby Indonesia
Ingin Bahagia? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini, Moms!

Ingin Bahagia? Coba Konsumsi 7 Makanan Ini, Moms!

Bila bicara secara filosofis, kebahagiaan adalah tujuan utama dalam hidup manusia. Maka segala upaya yang dilakukan manusia sebenarnya untuk mewujudkan kebahagiaan yang diidamkan. Setuju, Moms?

Tapi tak perlu muluk-muluk Moms, karena menjadi bahagia bisa semudah memakan makanan yang tepat. M&B sudah merangkum beberapa makanan yang terbukti mampu memengaruhi mood dan menceriakan hari Anda. Simak daftarnya berikut ini, Moms!

1. Pisang




Semua orang tahu bahwa pisang adalah buah yang kaya akan potasium. Tapi apakah Anda tahu bila pisang juga kaya akan trytophan? Trytophan adalah zat kimia yang digunakan otak untuk meregulasi suasana hati.

Pisang juga merupakan makanan sumber asam folat yang baik dan mengandung sedikit vitamin yang berkaitan dengan depresi.

2. Makanan Fermentasi


Pernahkah mendengar ungkapan, “Happy tummy, happy me?" Ungkapan ini tak hanya frase kosong belaka, karena penelitian membuktikan bahwa sistem pencernaan yang sehat mampu membantu regulasi mood pada otak. Maka, menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah penting.

Yang bisa Moms lakukan adalah rutin mengonsumsi makanan dengan kadar probiotik yang tinggi, contoh utamanya adalah makanan yang difermentasi, seperti yoghurt dan kimchi. Selain itu, makanan fermentasi juga memiliki efek menenangkan pada tubuh sehingga membantu tubuh menjadi rileks.

3. Cokelat Hitam


Mungkin bagi banyak orang, mengonsumsi cokelat saat bad mood adalah tindakan refleks. Tapi ternyata menurut sains kedua hal ini memang sangat berkaitan. Cokelat, khususnya cokelat hitam, merupakan makanan sumber berbagai antioksidan yang baik.

Tak hanya itu, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Proteome Research, cokelat hitam mampu mengurangi hormon stres kortisol sehingga membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan rileks.

4. Beri-berian




Rasa buah beri yang agak asam dan kecut bukanlah tanda bahwa buah ini tidak menyenangkan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Torrey Pines Institute for Molecular Studies, rasa ini memiliki susunan kimiawi yang mirip dengan valproic acid, yang merupakan bahan penyusun obat penstabil mood.

Selain itu, buah beri-berian juga kaya akan anthocyanidin, sejenis flavonoid, yang mampu mengurangi inflamasi sehingga membantu mengurangi stres fisik dan mental.

5. Quinoa


Quercetin, sejenis flavonoid, ditemukan banyak pada quinoa. Kandungan flavonoid ini terbukti memiliki kemampuan antidepresi sehingga mampu membantu meregulasi suasana hati, menurut sebuah penelitian yang dimuat pada Journal Nueropharmacology di tahun 2010.

6. Jamur


Tahukah Anda bila kekurangan vitamin D dapat membuat seseorang bisa mengalami depresi? Ya Moms, vitamin D berperan untuk mengubah dan meregulasi trytophan menjadi serotonin, yakni hormon yang memberikan perasaan nyaman dan senang.

Memang, utamanya vitamin D didapatkan dari paparan sinar matahari, tapi jamur juga mengandung sangat banyak vitamin D lho, Moms. 100 gram jamur dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda hingga 9%.

7. Salmon


Kaya akan asam lemak omega-3, salmon mampu membuat Anda menjadi rileks. Tak hanya baik untuk kesehatan otak, asam lemak omega-3 dapat membantu memperbaiki mood dan melawan depresi, menurut sebuah penelitian yang dimuat oleh jurnal Pharmacological Research. Asam lemak omega-3 bisa membantu menekan inflamasi pada tubuh dan memperbaiki suasana hati. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)



Tags: makanan,   mood,   nutrisi