Mother&Baby Indonesia
8 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Perlu Moms Tahu

8 Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Perlu Moms Tahu

Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia galanga atau disebut juga dengan istilah aromatic ginger, merupakan tanaman herbal yang tak hanya digunakan sebagai pengobatan tradisional, namun juga lumrah dipakai sebagai bumbu dapur pada masakan Indonesia serta dijadikan bahan minuman tradisional Indonesia, yaitu jamu.

Karena bentuknya yang serupa, kencur, jahe, dan lengkuas terkadang sulit dibedakan. Meski demikian ketiga tanaman herbal ini sebenarnya memiliki rasa, aroma, dan manfaat yang berbeda-beda. Nah kali ini, M&B akan mengulas berbagai manfaat kencur untuk kesehatan Anda, Moms. Disimak, ya!



1. Meningkatkan Energi Tubuh

Kencur dipercaya dapat meningkatkan energi tubuh Anda. Cobalah untuk merebus kencur berukuran 2 cm dengan segelas air putih, lalu minum air rebusan kencur tersebut setiap malam sebelum Anda tidur. Keesokan harinya, Moms akan merasa tubuh Anda lebih segar dan tentunya lebih bertenaga.

Rimpang atau akar kencur juga biasanya digunakan sebagai formula dupa masyarakat Jepang dan Tibet karena diketahui dapat meningkatkan energi, kesadaran, mengatasi kelelahan, serta menciptakan lingkungan yang damai.

2. Sebagai Antioksidan

Kencur mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas dan virus. Maka tak heran kencur juga bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Kencur yang termasuk dalam keluarga suku jahe-jahean memiliki sifat karminatif yang mampu mengurangi gas dalam pencernaan sehingga bisa mengurangi kembung dan menurunkan nafsu makan. Minum jamu beras kencur diketahui dapat meningkatkan nafsu makan dan meredakan kelelahan.



4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Mengonsumsi kencur diketahui dapat meningkatkan produksi empedu di dalam tubuh. Empedu ini bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi, serta menghilangkan racun seperti kolesterol jahat. Maka dengan mengonsumsi kencur, kadar kolesterol jahat bisa menurun.

5. Meredakan Batuk

Sudah sejak lama kencur digunakan sebagai obat pereda batuk. Anda bisa memarut kencur dan memerasnya, kemudian tambahkan dengan jeruk nipis dan madu secukupnya. Minum ramuan ini sebanyak tiga kali dalam sehari sampai gejala batuk mereda. Cara lainnya, Moms bisa mencampurkan kencur dengan garam sebagai obat tradisonal untuk meredakan batuk berdahak lebih cepat dan melegakan pernapasan.

6. Mengatasi Perut Kembung

Kencur dapat membantu mengatasi perut kembung. Moms bisa memakan kencur mentah yang telah dicuci dengan dicampurkan garam, setelah itu minumlah air hangat. Cara lainnya, Anda bisa merebus akar kencur berukuran 3 cm dan segelas air, lalu minum ramuan ini dua kali sehari untuk mengatasi kembung Anda.

7. Mengatasi Keseleo

Kencur memiliki sifat sebagai penghangat alami, yang bisa melemaskan otot-otot yang tegang akibat keseleo atau terkilir. Anda bisa memarut rimpang kencur yang dicampur dengan beras yang sudah dihaluskan, kemudian balurkan pada area kaki yang terkilir atau keseleo.

8. Menghilangkan Stres

Melansir laman Hello Sehat, berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti dari Departemen Farmasi Universitas Jahangirnagar, Bangladesh, diketahui bahwa ekstrak tanaman kencur, baik akar dan daunnya, memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Tak heran bila banyak orang yang memanfaatkan kencur untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. (Vonda Nabilla/SW/Dok. Freepik)



Tags: kencur,   nutrisi,   kesehatan