Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Goji Berry bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Goji Berry bagi Kesehatan Tubuh

Satu tahun terakhir ini nama goji berry sedang naik daun! Terlebih di masa pandemi ini, di mana mengonsumsi makanan sehat yang meningkatkan imunitas tubuh sedang menjadi tren. Sudah pernah mencoba goji berry, Moms?

Tak hanya enak, goji berry juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, lho! Yuk, ketahui apa saja manfaat goji berry, si buah merah oranye yang cantik ini.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengutip Healthline, sebuah tes laboratorium menemukan fakta bahwa goji berry membantu meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya dalam melawan flu. Namun ingat, goji berry bukan pengganti vaksin influenza ya, Moms. 



2. Menurunkan Berat Badan

Walau bentuknya kecil, goji berry merupakan sumber energi yang baik, namun tetap rendah kalori. Buah ini juga kaya akan serat pangan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan tanpa khawatir berat badan akan meningkat pesat (seperti jika kita menikmati camilan cupcake!). Dibanding buah kering lainnya, kandungan kalori pada goji berry tetap lebih rendah. hanya 100 kalori dalam 1 ons goji berry.

3. Mencegah Penuaan Dini

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau goji berry mengandung antioksidan yang tinggi, terutama jenis zeaxanthin. Jenis ini banyak terdapat pada sumber makanan dengan warna cerah, seperti saffron dan paprika.

4. Melancarkan Pencernaan

Tak hanya enak dan rendah kalori, goji berry juga tinggi akan kandungan serat pangan yang membantu melancarkan pencernaan. Berita baiknya, goji berry juga rendah lemak tak sehat lho, Moms.

5. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Walau goji berry terasa manis, namun buah kering ini baik untuk menjaga keseimbangan gula darah. Maka ini adalah camilan yang cocok untuk Anda yang takut gula darahnya tinggi, tapi tetap ingin menikmati makanan manis yang mengenyangkan.

Namun menurut WebMD, goji berry berinteraksi dengan obat-obatan diabetes. Karena itu, coba konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi goji berry, ya. 

6. Meningkatkan Testosteron

Ini salah satu keunggulan goji berry, yang jarang bisa didapatkan dari buah lainnya. Ya, goji berry bisa membantu meningkatkan kesuburan. Bahkan ada studi yang menyebutkan testosteron bisa menjadi ‘obat’ alternatif mengatasi disfungsi ereksi, lho.

Sebuah studi pada tikus menunjukkan hasil yang signifikan, yaitu:



• Meningkatkan kuantitas sperma

• Meningkatkan pergerakan sperma

• Mempercepat ereksi

• Meningkatkan kemampuan ejakulasi

• Memperbaiki hasrat seksual

• Meningkatkan kadar testosteron.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Mengutip penelitian yang dimuat di National Library of Medicine, goji berry membantu menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tak hanya itu, goji berry juga membantu menekan sel yang berpotensi menjadi tumor. Sangat menarik untuk rutin dikonsumsi ya, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: goji berry,   nutrisi,   kesehatan