Mother&Baby Indonesia
7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan

7 Manfaat Mengonsumsi Pepaya Muda untuk Kesehatan

Moms mungkin suka dengan buah pepaya yang matang dengan warnanya yang oranye dan punya rasa manis segar saat dimakan. Namun, pernahkah Anda mencoba mengonsumsi pepaya muda? Buah ini biasanya diolah menjadi masakan matang, salad sayuran, rujak, ataupun dijadikan jus.

Pepaya muda sendiri cukup terkenal di Indonesia, dengan daging yang berwarna putih dan memiliki rasa getir saat dimakan. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral seperti potasium, magnesium, vitamin A,C,B, dan E, serta enzim papain dan chymopapain yang baik untuk perut.

Lalu, apa saja manfaat dari mengonsumsi pepaya muda? Setidaknya ada 7 hal yang bisa Moms dan keluarga dapatkan, yakni:



1. Mencegah dehidrasi

Pepaya muda mengandung potasium. Potasium sendiri merupakan salah satu komponen elektrolit terbesar dalam darah, selain sodium dan klorida. Dengan mencukupkan asupan potasium dalam tubuh, maka hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta membantu aktivitas otot jantung dan otot lainnya.

2. Menjaga saluran pencernaan

Pepaya muda bahkan kaya akan enzim papain, lebih banyak dari pepaya matang. Kandungan ini tentu baik untuk membersihkan saluran cerna secara alami. Selain itu, manfaatnya juga dapat melunakkan tinja karena kadar serat pepaya yang juga tinggi akan membantu penyerapan cairan. Saluran kemih juga terbebas dari bakteri sehingga meminimalisir terjadinya infeksi.

3. Membantu detoksifikasi tubuh

Kandungan papain, chymopapain, enzim dan fotonutrien lainnya pada pepaya muda mampu membantu detoksifikasi tubuh. Artinya, racun dalam tubuh Anda bisa terbuang dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini semakin terbantu dengan adanya ezim lateks yang terdapat dalam buah pepaya muda untuk membersihkan pencernaan dari limbah.



4. Mengatasi masalah kulit

Untuk Moms yang mencari cara mengatasi masalah kulit secara alami, konsumsi pepaya muda bisa menjadi pilihan. Karena proses pembuangan racun jadi lebih baik, maka masalah kulit seperti jerawat, iritasi, dan masalah pigmentasi juga bisa tertangani dengan cepat. Selain itu, pepaya muda juga mampu melembutkan sel kulit mati sehingga menjadi lebih lembap.

5. Kaya karotenoid

Sebuah studi yang dipublikasi di The British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa pepaya muda ternyata memiliki karotenoid yang bahkan lebih banyak daripada tomat dan wortel. Selain meningkatkan kekebalan tubuh hingga menurunkan risiko penyakit, kesehatan mata juga menjadi lebih baik.

6. Memompa produksi ASI

Bagi ibu menyusui, sangat disarankan untuk bisa mengonsumsi pepaya, baik yang muda ataupun matang. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI, dan meningkatkan kadar vitamin A dan C, serta kandungan asam folat, kalsium, dan enzim papain yang juga baik untuk Si Kecil.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti disebutkan bahwa pepaya muda dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh Anda. Maka, Moms, Si Kecil, dan anggota keluarga lain pun akan terhindar dari infeksi, pilek, batuk, dan penyakit ringan atau berat yang sering mengintai saat sibuk dengan aktivitas sehari-hari. (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   pepaya muda,   kesehatan