Mother&Baby Indonesia
5 Jenis Makanan yang Bisa Merusak Kualitas Tidur Anda

5 Jenis Makanan yang Bisa Merusak Kualitas Tidur Anda

Moms, pernahkah Anda merasa kesulitan untuk tidur di malam hari? Padahal tidak ada hal yang mengganggu pikiran Anda, namun mata Anda seolah sulit sekali untuk terpejam. Segala cara sudah dilakukan, namun Anda tak kunjung bisa tertidur.

Sebenarnya, yang perlu Anda ketahui, gangguan tidur tidak hanya disebabkan oleh faktor pikiran atau stres yang Anda alami maupun faktor dari lingkungan sekitar. Para ahli menyebutkan bahwa makanan pun ternyata bisa mengurangi dan merusak kualitas tidur Anda, Moms. Apa saja makanan tersebut?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 makanan yang bisa merusak kualitas tidur seseorang.



1. Makanan Tinggi Lemak

Dilansir dari Kompas.com yang mengutip dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering makan makanan tinggi lemak cenderung mengalami peningkatan berat badan dan siklus tidurnya terganggu.

Pasalnya, makanan tinggi lemak akan mengaktifkan siklus pencernaan yang membuat Anda merasa ingin buang air di malam hari. Hindari juga makanan cepat saji ya, Moms. Lemak yang tinggi pada makanan tersebut akan merangsang produksi asam di lambung yang dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan mulas.

2. Makanan Pedas

Sama halnya dengan makanan berlemak, makanan pedas juga memiliki dampak buruk pada kualitas tidur Anda, Moms. Studi yang ada di The International Journal of Psychology menyebutkan bahwa makanan dengan banyak cabai dan lada memiliki dampak buruk untuk perut yang akan bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur hanya akan membuat perut Anda terasa tidak nyaman dan tentunya mengganggu tidur Anda. Selain bisa menimbulkan rasa mulas di perut, makanan pedas juga bisa meningkatkan suhu inti tubuh yang akan membuat Anda jadi sulit tidur.



3. Kafein

Kita semua tentu sudah tahu bahwa kafein merupakan pengusir kantuk paling efektif. Kecuali Anda ingin terjaga di malam hari, sebaiknya hindari asupan kafein ya, Moms. Dan yang perlu Anda ingat, kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, tapi juga dalam teh, minuman soda, minuman berenergi, maupun dark chocolate.

Jadi, sebisa mungkin hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein kalau tak ingin kualitas tidur Anda terganggu, Moms. Jika Anda ingin mengonsumsi kafein, sebaiknya konsumsi 4-6 jam sebelum Anda tidur, agar tidak berdampak buruk dan merusak kualitas tidur Anda.

4. Makanan Tinggi Serat

Ini bukan berarti Anda tidak bisa memakannya ya, Moms. Makanan tinggi serat bagus untuk pencernaan. Justru yang perlu Anda perhatikan adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Kita tahu bahwa makanan yang tinggi kandungan serat akan lama dicerna di dalam tubuh.

Sayuran seperti brokoli dan kembang kol maupun buah seperti alpukat dan pisang, merupakan contoh makanan yang mengandung tinggi serat dan lambat untuk dicerna. Mengonsumsi makanan tersebut sebelum tidur hanya akan membuat organ pencernaan Anda bekerja keras pada malam hari dan bisa mengganggu siklus tubuh Anda.

5. Pasta

Anda juga sebaiknya menghindari makan pasta sebelum tidur ya, Moms. Pasta mengandung banyak saus tomat, dan saus tomat memiliki kandungan asam yang tinggi serta tidak cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur karena dapat menyebabkan masalah pada pencernaan Anda. Saus tomat yang terdapat di pasta bisa menyebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan jika dimakan sebelum tidur, sebab saat Anda berbaring, proses pencernaan akan melambat. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   tidur,   kualitas tidur,   makanan yang merusak kualitas tidur