Mother&Baby Indonesia
10 Jenis Kacang-kacangan dan Manfaatnya buat Kesehatan

10 Jenis Kacang-kacangan dan Manfaatnya buat Kesehatan

Siapa yang tak suka ngemil kacang? Ya, kacang merupakan salah satu camilan yang renyah dan lezat. Namun tak hanya itu, Moms, kacang juga ternyata mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk tubuh seperti serat, karbohidrat kompleks, antioksidan, protein, berbagai vitamin dan mineral.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dipilih sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahkan laporan American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan kacang yang dimasukkan ke dalam menu harian memiliki dampak positif terhadap penurunan berat badan dan perubahan ukuran lingkar pinggang.

Tapi, apa saja sih, jenis kacang-kacangan yang sehat untuk dikonsumsi? Simak penjelasannya lebih lengkap berikut ini, Moms!



1. Kacang Almond

Kacang almond termasuk salah satu jenis kacang terpopuler di dunia. Kacang almond mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Kandungan seratnya juga lebih tinggi dibandingkan kacang lainnya. Selain itu, kacang almond kaya akan protein, vitamin B2, vitamin E, mangan, magnesium dan fosfor.

Mengonsumsi kacang almond dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengontrol gula darah. Kacang ini juga tinggi antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari penuaan dan kerusakan sel. Almond juga rendah kalori dan bagus untuk menurunkan berat badan.

2. Kacang Mete

Kacang yang berasal dari buah jambu mete atau jambu monyet ini punya kandungan zat besi paling tinggi di antara kacang-kacangan lainnya. Selain itu, kacang mete mengandung vitamin E, K, dan B6, serta mineral lainnya, seperti tembaga, fosfor, zinc, magnesium, dan selenium. Konsumsi kacang mete berguna membantu kesehatan jantung, mengontrol gula darah, mengatasi peradangan, mencegah anemia, dan menurunkan berat badan.

3. Kacang Pistachio

Seporsi kacang pistachio menyediakan 12 persen kebutuhan serat harian Anda. Hampir 90 persen kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh atau lemak sehat. Pistachio juga kaya akan vitamin B6 dan thiamin. Kacang ini merupakan salah satu sumber terbesar antioksidan di antara semua jenis kacang serta dapat membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan pangan tinggi protein dan mengandung asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Kacang ini juga kaya vitamin C dan asam folat. Selain itu, kedelai merupakan sumber serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, isoflavon, dan thiamin.

Kandungan isoflavon pada kedelai merupakan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kacang ini juga bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan imunitas tubuh.



5. Kacang Hijau

Kacang hijau sering disebut sebagai salah satu sumber makanan kaya gizi. Kacang berukuran kecil ini mengandung protein, lemak tak jenuh, dan serat. Kandungannya lainnya adalah vitamin B1, B6, folat, besi, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, dan zinc.

Kacang hijau juga memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Anda, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mengurangi jerawat, hingga mencegah kanker dan penyakit jantung.

6. Walnut

Seperti almond, walnut atau disebut juga kacang kenari adalah camilan sehat yang lezat dan populer di dunia. Walnut mempunyai kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Kacang ini juga merupakan sumber magnesium dan fosfor. Beragam penelitian menunjukkan bahwa walnut berperan dalam mengurangi peradangan serta mengontrol diabetes dan sindrom metabolik. Beberapa peneliti bahkan mengklaim bahwa walnut dapat melawan penurunan kognitif terkait usia.

7. Kacang Merah

Kacang merah sering digunakan untuk bahan pembuatan makanan, seperti sup maupun sebagai pelengkap pada hidangan penutup. Kacang ini mengandung beragam nutrisi, seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc. Beberapa manfaat mengonsumsi kacang merah adalah melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, mencegah sel kanker, dan menurunkan berat badan.

8. Hazelnut

Hazelnut sering dinikmati sebagai camilan maupun diolah dalam minuman, makanan ringan, atau es krim. Kacang ini mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan, yaitu protein, lemak, serat, vitamin E, B6, K, folat, fosfor, zat besi, zinc, potasium, dan magnesium. Hazelnut kaya antioksidan, menyehatkan jantung, serta menurunkan gula darah dan risiko kanker.

9. Kacang Polong

Sama seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang polong juga menjadi sumber serat dan protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang polong kaya vitamin B1, K, folat, dan mangan. Konsumsi kacang ini bisa membantu menjaga gula darah, menyehatkan sistem pencernaan, hingga mengatasi hipertensi.

10. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, protein, dan vitamin B yang baik untuk mendukung program diet Anda. Kacang ini juga mengandung vitamin E, folat, dan mangan. Konsumsi kacang ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan berat badan. Namun jangan mengonsumsi kacang tanah yang sudah diolah menjadi produk makanan lain, misalnya selai kacang. (M&B/SW/Dok. Freepik)



Tags: nutrisi,   kacang,   kesehatan