Mother&Baby Indonesia
10 Fakta Seru Buah dan Sayur untuk Diajarkan ke Anak

10 Fakta Seru Buah dan Sayur untuk Diajarkan ke Anak

Anak perlu mengenal manfaat buah dan sayur dengan cara yang seru, Moms. Cara ini penting untuk dilakukan agar anak memiliki hubungan yang harmonis dengan buah dan sayur, sehingga ia mau mengonsumsinya tanpa terpaksa. Yuk, kenalkan pada Si Kecil fakta-fakta seru buah dan sayur berikut ini, pasti ia akan semakin suka makan buah dan sayur.

1. Delima Punya Ribuan Biji!

Buah manis asam ini memang unik, karena dagingnya berbentuk biji-biji berukuran sedang berwarna merah transparan. Uniknya lagi, buah delima yang ukurannya tidak terlalu besar itu ternyata memiliki 600-1.400 biji di dalamnya, lho. Banyak banget, ya.

2. Sayuran Pertama di Angkasa

Pada Oktober 1995, NASA dan sebuah universitas di Amerika Serikat berkolaborasi membantu menumbuhkan sayuran pertama di angkasa: Kentang! Dan ternyata ini sukses, lho.



3. Buah yang Bisa Memantul

Rata-rata buah berbentuk bulat seperti bola, tetapi tahukah Anda kalau ada buah yang benar-benar bisa membal dan memantul seperti bola? Ya, itu adalah buah cranberry yang sudah matang. Tak percaya? Coba saja sendiri.

4. Buah Paling Bau

Durian, buah yang populer di Indonesia, Malaysia, dan Thailand ini dinobatkan sebagai buah terbau di dunia. Banyak yang mendeskripsikan durian memiliki bau seperti telur busuk, kaus kaki basah, dan sampah. Hmm... Padahal durian banyak penggemarnya, ya.

5. Buah Paling Populer

Di antara banyak jenis buah di dunia, ternyata tomat adalah buah yang dinobatkan sebagai buah paling populer! Masih bingung kenapa buah tomat sering disebut sayur? Ini semua berawal pada tahun 1890, ketika U.S. Supreme Court memutuskan tomat sebagai sayur agar pajaknya lebih murah.

6. Stroberi Bukan Beri

Buah yang termasuk beri memiliki biji di dalam, sedangkan stroberi memiliki sekitar 200 biji di luar tubuhnya. Tanaman stroberi menghasilkan ‘buah yang salah’ dari bunganya yang berdaging, yang disebut dengan ‘pseudocarp’. Walau fakta ini aneh, namun tetap saja stroberi selalu disukai banyak orang.



7. Nutrisi di Bawah Kulit

Buah memang kaya nutrisi, namun bagian buah yang paling tinggi kandungan nutrisinya biasanya berada tepat di bawah kulitnya. Jadi ketika Anda mengupas mangga atau melon, pastikan tidak banyak yang terbawa di kulitnya ya, Moms.

8. Jangan Dipanaskan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memasak sayuran, namun semakin sedikit sayur dimasak, semakin banyak nutrisinya. Nutrisi di sayur berkurang ketika Anda merebusnya. Jadi coba dikukus, dipanggang, atau makan mentah saja agar nutrisinya lebih terjaga.

9. Sayuran Tertua

Tahukah Anda, kalau kubis, kembang kol, dan kale adalah tiga sayuran tertua di dunia? Ya, sayuran ini diyakini sudah ada sejak zaman presejarah, tepatnya sekitar 8.000-10.000 tahun lalu.

10. Brokoli adalah Bunga

Bagian brokoli yang sering Anda konsumsi ternyata adalah bunga! Ya, itu adalah bunga yang belum matang, sedangkan bagian daun yang sudah matang rasanya pahit. Sama seperti brokoli, kembang kol juga merupakan bunga lho, Moms. Seru ya mengenal fakta-fakta buah dan sayur! (Tiffany/SW/Dok. Freepik)



Tags: buah,   sayur,   nutrisi,   anak,   kesehatan